Jepang Suka Gadget, Indonesia Doyan "Gosip"

Written By Unknown on Rabu, 17 Desember 2014 | 12.03

Oik Yusuf/KompasTekno

Jason Tedjasukmana (berdiri, paling kiri), Communications Manager Google Indonesia, dan Sandy Tantra (berdiri, paling kanan), Consumer Marketing Manager Google Indonesia, sedang memaparkan Google Year In Search 2014 di Jakarta, Selasa (16/12/2014). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Daftar penelusuran terpopuler Google Trends 2014 mengungkap banyak hal menarik soal pencarian online yang dilakukan oleh masyarakat internet dunia sepanjang tahun 2014 hingga saat ini.

Consumer Marketing Manager Google Indonesia, Sandy Tantra, mengatakan bahwa pihaknya menangkap kecenderungan tersendiri dari netter di tiap-tiap negara soal pencarian informasi lewat search engine.

Dia mencontohkan Indonesia, di mana warga online memiliki kebiasaan yang konsisten dari tahun ke tahun, yakni mencari "gosip" alias informasi mengenai artis. "Rata-rata beda preferensi. Orang di Jepang lebih banyak mencari soal gadget, sementara Indonesia lebih mengarah ke entertainment," kata Sandy saat dijumpai KompasTekno usai acara jumpa pers Google di Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Masih soal pencarian Google di Indonesia, Sandy menambahkan bahwa netter Tanah Air sudah lebih banyak melakukan searching dari perangkat mobile seperti smartphone ketimbang komputer desktop tradisional. Oleh sebab itu Google telah mulai menyesuaikan layanannya agar lebih mudah digunakan lewat gadget.

Dia mencontohkan layanan voice search yang ditambahkan Google agar pengguna tak perlu repot mengetik kata kunci di ponsel saat sedang sibuk. "Kami juga memiliki tim yang mengembangkan layanan itu agar lebih mudah mengerti query yang disuarakan dalam bahasa Indonesia," kata Sandy.

Daftar penelurusan terpopuler Google Trends 2014 disusun berdasarkan data kegiatan online searching dari 72 negara dengan populasi online besar, termasuk Indonesia. Tahun ini Google menyajikan daftar pencarian teratas yang dibagi dalam 13 kategori, mencakup tema-tema seperti lagu, gadget, tokoh, hingga acara TV terpopuler.

"Tahun ini di Indonesia ada penambahan kategori bernama 'Apa Itu' yang berisi pencarian informasi tentang sesuatu hal, juga kesehatan yang menunjukkan meningkatnya concern orang Indonesia terhadap hal ini," ujar Sandy.
 


Anda sedang membaca artikel tentang

Jepang Suka Gadget, Indonesia Doyan "Gosip"

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2014/12/jepang-suka-gadget-indonesia-doyan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jepang Suka Gadget, Indonesia Doyan "Gosip"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jepang Suka Gadget, Indonesia Doyan "Gosip"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger