Tak Ada Tetesan Air Mata dari Ibunda Anas

Written By Unknown on Sabtu, 11 Januari 2014 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID - Meski melihat anaknya ditahan, Sriati cukup tegar. Tak ada air mata yang menetes darinya. Justru, ia terus mengikuti perkembangan berita Anas Urbaningrum di televisi.

"Nggak menangis, bu Sriati cukup tegar. Ini saya lagi menemani melihat pemberitaan di televisi," ujar Imam Muanam (54), pamannya Anas, yang menemani Sriati hingga malam ini.

Ketegaran dia itu karena sehari sebelumnya, Kamis (9/1) pagi kemarin, sudah ditelepon Anas. Pesannya Anas, agar ia tegar dan sabar kalau terjadi sesuatu atas dirinya saat dipanggil KPK pada Jumat kramat. Hanya saja, ia keluar masuk kamarnya.

"Maklum, namanya orangtua mengetahui anaknya lagi kesandung masalah berat. Yang jelas, ia tegar dan nggak ngomong aneh-aneh. Ia hanya diam saja. Sesekali masuk kamar, keluar lagi. Saya terus menemani di sini," pungkasnya.

Ketegaran dia itu terlihat sejak Jumat pagi. Meski tahu anaknya bakal dipanggil KPK siang itu namun Sriati sepertinya tak terpengaruh. Ia tetap melakukan aktivitas rutinnya seperti hari-hari biasanya.

Saat banyak wartawan berdatangan ke rumahnya dan memenuhi teras rumahnya, ia terlihat cuek. Sepertinya tak terpengaruh. Ia memang mengaku sempat kaget namun akhirnya bisa mengerti kalau kedatangan para wartawan itu terkait pemanggilan anaknya oleh KPK. Sebentar sempat bersembunyi dalam rumah, Sri akhirnya kembali melakukan aktivitas rutinnya. Di dapur rumahnya yang cukup sederhana, ia sedang memasak.

Berbeda tatkala Anas ditetapkan tersangka oleh KPK beberapa bulan lalu, Sriati benar-benar syock. Namun, Jumat (10/1) pagi itu, wanita berusia 69 tahun yang terlihat masih energik itu justru terlihat lebih tegar.

Malah, tak terlihat ada anggota keluarganya yang menemaninya.
"Mau gimana lagi mas, wong memang seperti itu yang dikehendaki KPK terhadap anak saya. Sebagai orangtua, ya hanya bisa mendoakan saja," ujar Sriati ditemui di rumahnya, di Dusun Sendung, Desa Ngaglik, Kecamatan Srengat, Kab Blitar, Jumat pagi.

Meski anaknya, Anas pernah jadi pejabat publik yang dekat dengan istana, namun Sri sepertinya tak berubah dari kebiasaannya yang selalu hidup sederhana. Buktinya, ia memasak sendiri. Malah, kalau memasak, ia tak menggunakan kompor elpiji melainkan tungku dengan bahan kayu bakar. Alasannya, bukan berarti tak punya kompor gas melainkan di rumahnya banyak kayu bakar.

"Dari dulu saya ya memasak sendiri, seperti ini. Jarang memasak dengan kompor gas melainkan pakai kayu bakar saja. Karena di rumah banyak kayu bakar, eman kalau nggak dipakai," paparnya.

Menurutnya, pagi itu bukannya ia tak ingat Anas. Namun, kalau dipikir terus, malah dirinya yang sakit. Karena itu, ia dilarang anak-anaknya untuk melihat televisi, terutama mebgikuti berita kasus Anas. "Di dapur ini, untuk nyelimurno pikiran sebentar, supaya nggak ingat anak saya terus," tutur Sriati ditemui sambil menjaga apinya.

Memang, meski terlihat cukup santai, namun wajahnya tak bisa disembunyikan kalau lagi punya beban berat. Katanya, sejak ditelepon Anas sendiri, Kamis (9/1) kemarin, ia terus kepikiran, apalagi teleponnya Anas tak seperti biasanya. Selain minta doa restu, Anas berpesan agar dirinya disuruh pasrah apabila terjadi sesuatu pada anaknya saat dipanggil KPK.

"Namanya anak mas, apalagi sedang menghadapi masalah berat, saya ya nggak bisa tenang. Saya sendiri nggak tahu apa yang saya perbuat, sehingga hanya bisa pasrah saja," ungkapnya.

Terkait berita anaknya, Sri mengaku sebenarnya ia kepingin melihat televisi untuk memantau perkembangan anaknya. Namun, ia mengaku tak tega kalau melihat Anas di televisi. Karena tak tahu apa yang ia akan berbuat terkait kasus anaknya itu, Sri mengaku hanya bisa pasrah pada Allah, biar Allah yang menentukan segalanya. Kalau anaknya didholimi, biar Allah yang membalasnya. "Saya pasrah saja, segalanya ada balasannya, kalau anak saya nggak salah tapi didolimi, biar Allah yang membalasnya," tuturnya.

Diakuinya, sejak dilarang anak-anaknya mengikuti perkembangan Anas dari berita di televisi, ia memang menurut. Namun, entah apa yang terjadi, tiba-tiba siang itu kakinya tergerak ke ruang tengah dan duduk di kursi yang ada di depan televisi. Tanpa ia sadari, tangannya menombol remote untuk menghidupkan televisi. Bersamaan itu, ada berita yang menyiarkan Anas sedang datang ke KPK.

Meski ia tak meneteskan air mata atau berkomentar sepatah katapun, sepertinya ia tak kuat menahannya. Buktinya, ia langsung mematikan televisinya dan masuk ke dalam kamarnya. Sekitar lima menit kemudian, ia kembali keluar lagi dan menghidupkan televisinya. Terlihat ia sepertinya bingung.

"Ya seperti ini lah yang namanya orangtua itu. Namun, saya tetap yakin kalau anak saya tak memakai uang sepeserpun seperti yang dituduhkan KPK tersebut. Sebab, saya tahu karakter anak saya itu," katanya.
 


Anda sedang membaca artikel tentang

Tak Ada Tetesan Air Mata dari Ibunda Anas

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2014/01/tak-ada-tetesan-air-mata-dari-ibunda.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tak Ada Tetesan Air Mata dari Ibunda Anas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tak Ada Tetesan Air Mata dari Ibunda Anas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger