Aksi Protes "Topless" di Brasil Malah Jadi Tontonan

Written By Unknown on Senin, 23 Desember 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID - Protes menentang larangan berjemur di pantai dengan bertelanjang dada di Brasil, yang telah diterapkan selama satu dekade, gagal menarik perhatian pengunjung perempuan.

Sebaliknya, lebih banyak ratusan fotografer dan laki-laki yang hadir di pantai Ipanema Rio de Janeiro.

Sebelumnya, lebih dari 2.000 orang perempuan mengatakan, mereka akan melepaskan baju mereka di pantai pada Sabtu (21/12/2013) pagi, untuk mendesak agar undang-undang tersebut dibatalkan.

Namun, ternyata tak banyak yang mau terlibat. Penyelenggara mengatakan, kemungkinan sebagian besar perempuan takut mendapatkan intimidasi jika terlibat dalam protes tersebut.

Mereka berpendapat bahwa telanjang dapat ditoleransi selama parade karnaval di Rio.

"Kami memiliki sebuah aturan yang melarang seorang perempuan untuk telanjang dada, ini merupakan sebuah puritanisme yang salah dan mengindikasikan budaya maskulin," kata Olga Salon kepada kantor berita Associated Press.

Dia adalah salah satu perempuan yang terlibat dalam protes dan melepaskan bajunya sebelum kerumunan fotografer dan pengunjung pantai laki-laki berdatangan.

Penyelenggara, Ana Rios, mengatakan, gagasan tersebut untuk meningkatkan kepedulian terhadap prasangka mengenai perempuan di Brasil.

"Sayang sekali ini menjadi tontonan media. Yang membuat saya terkejut adalah jumlah laki-laki datang ke sini hanya untuk melihat dada perempuan," kata dia.

Gerakan tersebut dimulai setelah aktris Brasil, Cristina Flores, dihampiri oleh seorang polisi laki-laki yang menyela sesi pemotretan.

Dia mengatakan, mereka mengancam akan memenjarakannya jika tidak memakai bajunya kembali.

"Saya tidak mengetahui bahwa itu ilegal sampai saya mengalaminya," kata dia.

Sebuah undang-undang yang diberlakukan pada 1940-an menyebutkan bertelanjang dada di pantai akan dihukum penjara selama tiga bulan sampai satu tahun atau membayar denda.

Hukuman yang berat jarang sekali diterapkan, tetapi berjemur dengan telanjang dada tidak dibolehkan di sebagian besar pantai di Brasil.


Anda sedang membaca artikel tentang

Aksi Protes "Topless" di Brasil Malah Jadi Tontonan

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2013/12/aksi-protes-di-brasil-malah-jadi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Aksi Protes "Topless" di Brasil Malah Jadi Tontonan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Aksi Protes "Topless" di Brasil Malah Jadi Tontonan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger