20 Kelompok Tari Meriahkan Festival Budaya Dayak

Written By Unknown on Kamis, 21 November 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Untuk pertama kalinya, Festival Budaya Dayak (FBD) Kalteng digelar. Dijawalkan, Kamis (21/11/2013) malam, kegiatan ini akan dibuka Wakil Gubernur Achmad Diran.

Setidaknya ada 20 kelompok tari akan memeriahkan kegiatan yang dipusatkan di Sekretarian MADN Jalan RTA Milono Palangkaraya tersebut. Mereka berasal dari beberapa kabupaten/kota di Kalteng.

"Dasar kegiatan pada awalnya cuma ingin menyemarakkan raker DAD. Tapi kemudian berkembang dengan menggelar festival walau tidak teranggarkan di APBD," ujar Ketua Panitia FBD Agus Junaidi.

Selain tari kreasi dan tradisional, FBD juga menggelar lomba vokal solo lagu daerah. Untuk kegiatan ini diikuti 43 peserta pada kategori putra dan putri.

Pada lomba tari tradisional, sebut Agus, paniia menetapkan Tari Giring Giring dan Dadas sebagai tari wajib yang ditampilkan. Ini sebagai upaya lebih melestarikan dan mengangkat tarian khas budaya yang teras kian kurang ditampilkan pada berbagai event.

Sebagai penilai, panitia mengundang tim juri dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Ini juga untuk menjaga netralitas. Kegiatan FBD ini dilaksanakan sampai Sabtu (23/11/2013).

"Kami harapkan, kegiatan ini bisa jadi agenda rutin tahunan. Dengan begitu, masing-masing daerahbisa mengagendakan anggaran khusus dari APBD untuk mengirimkan dutanya atas nama daerah," timpal Agus.


Anda sedang membaca artikel tentang

20 Kelompok Tari Meriahkan Festival Budaya Dayak

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2013/11/20-kelompok-tari-meriahkan-festival.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

20 Kelompok Tari Meriahkan Festival Budaya Dayak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

20 Kelompok Tari Meriahkan Festival Budaya Dayak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger