Kiki Sambil Gendong Adik Menjawab Soal Ujian Nasional

Written By Unknown on Kamis, 09 Mei 2013 | 12.03

Kiki masih menggendong Aulia adiknya saat tiba di kelas dan bersiap ikut ujian nasional SD. - Tribun Jogja

BANJARMASINPOST.CO.ID, BREBES - Fenomena perjuangan berat seorang bocah dalam meraih pendidikannya sepertinya tak pernah redup. Kiki Agustian, siswa sekolah dasar kelas enam bahkan rela mengasuh sang adik saat melaksanakan ujian nasional di Kabupaten Brebes.

Dengan sebuah selendang, Kiki yang masih berusia 12 tahun ini menggendong adiknya, Aulia Putri berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer untuk sampai sekolahnya. Ini dilakukan demi bisa mengikuti ujian nasional (UN) di SD Negeri Kemurang Kulon 2, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes,Jawa Tengah tempat ia menuntut ilmu selama ini.

Beruntung wali kelas Kiki, Lisa Lindawati punya perhatian. Ketika Kiki bersiap akan ujian, Lisa pun mengambil alih tugas Kiki untuk merawat Aulia. Lisa pun membawa Aulia ke ruang guru.

"Kalau di sini ada yang jaga," ujar sang wali kelas sembari membetulkan dot susu pada Aulia.

"Ini juga demi Kiki supaya bisa mengikuti ujian dengan baik dan bisa lulus. Untuk itu adiknya Kiki dijaga guru. Yang penting tidak menggangu siswa lain mengikuti ujian," ungkap Kepala Sekolah SD Negeri Kemurang Kulon 2, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Wakhudin.

Wakhudin menerangkan, Kiki bukan kali pertama membawa Aulia ke sekolah. Hari kedua UN pun, dia membawa adiknya ke sekolah. Kiki mengaku, ia membawa adiknya ke sekolah lantaran di rumah tidak ada yang menjaga. Ibunya, pergi bekerja. Kiki sebagai anak tertua harus mengemban tugas menjaga adiknya.

Kiki yang lahir pada 17 Agustus 2000, tak bisa merasakan arti sebuah kemerdekaan. Ia terkukung oleh himpitan masalah ekonomi yang melanda keluarganya.

"Sebelum UN, 10 hari Kiki tidak masuk sekolah. Saya kesana, dan kondisi ibunya sakit," terang Lisa. Untuk mendorong Kiki masuk sekolah, Lisa pun memberi uang saku. "Kami juga memberi uang saku, agar mau berangkat," terangnya.

Selain Aulia, Kiki juga mempunyai adik yang tercatat bersekolah di SD tersebut. Adiknya yang masih duduk di bangku kelas 2 ini juga kerap tidak sekolah. Bila Kiki tidak masuk sekolah, adiknya yang kelas 2 juga mengikutinya. "Adiknya, juga mogok sekolah," jelas Lisa.

Lisa mengaku, Kiki dan adiknya juga terkendala ekonomi. Ibunya hanya buruh tani yang menunggu ada pekerjaan. Sementara sang ayah bekerja sebagai buruh penyiram di bogor. Penghasilan orangtuanya yang minim membuat biaya sekolah menjadi kendala bagi mereka.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kiki Sambil Gendong Adik Menjawab Soal Ujian Nasional

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2013/05/kiki-sambil-gendong-adik-menjawab-soal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kiki Sambil Gendong Adik Menjawab Soal Ujian Nasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kiki Sambil Gendong Adik Menjawab Soal Ujian Nasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger