Israel Siksa 263 Bocah

Written By Unknown on Sabtu, 13 April 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID - PASUKAN zionis, Israel terus semena-mena memperlakukan warga Palestina. Tak hanya warga dewasa, anak-anak dan remaja Palestina kerap mereka perlakukan secara keji.

Organisasi HAM Defense of Children International, menyatakan ada 236 warga  Palestina berusia antara 12-17 tahun yang ditahan Israel akibat pelemparan batu. Tidak jarang selama ditahan, mereka diperlakukan secara kasar. Hingga kemarin, jumlah warga Palestina yang ditahan  4.800 orang.

Kasus terakhir, perlakuan kejam Israel terhadap anak-anak Palestina dialami Mohammed Khalak. Pria berusia 14 tahun itu yang sebenarnya berdarah campuran Palestina-Amerika Serikat (AS) itu ditahan bahkan sempat disiksa hanya karena pernah melempari iringan mobil militer dan sipil Israel di desanya, Silwan, beberapa waktu lalu.

Kemarin dia dibawa di ke ruang sidang pengadilan militer Israel dalam kondisi kaki  dirantai, bak teroris. Akan tetapi sidang itu ditunda hingga minggu depan dengan alasan ketidaksiapan saksi.

Ayah Khalak, Abdulwahab berharap pemerintah AS yang dikenal dekat dengan Israel bisa menolong anaknya. Pasalnya, Khalak juga berdarah AS karena lahir di New Orleans.

"Pemerintah AS berkewajiban membantu kami, tapi mereka tidak peduli. Mereka menyembunyikan kasus ini di 'kantung belakang' mereka," kata Abdulwahab.

Konsulat Jenderal AS di Yerusalem menolak berkomentar mengenai hal ini. Sementara  Kementerian Luar Negeri AS di Washington DC menyatakan belum mengetahui kasus Khalak.

Menurut Abdulwahab, Khalak ditangkap di rumahnya dalam penggerebekan oleh tentara Israel pada Jumat (5/4). Penangkapan dilakukan secara kasar, sampai-sampai kawat gigi Khalak terlepas.

Aksi pelemparan batu sudah dilakukan warga Palestina sebagai bentuk perlawanan sejak 1980-an. Tindakan itu populer disebut intifada. Mereka melakukan sebagai bentuk protes warga Palestina terhadap pencaplokan wilayah dan penggusuran rumah mereka untuk dijadikan  permukiman Yahudi.

Aksi pelemparan batu dilawan militer Israel secara berlebihan. Mereka menggunakan senjata otomatis bahkan tank.

"Perlakuan militer Israel terhadap sangat memprihatinkan. Itu sering dialami anak-anak Palestina. Tidak ada yang dibenarkan dari tindakan memborgolnya selama 12 jam, menginterogasi dan menghilangkan hak untuk bertemu keluarga dan tidak didampingi pengacara," kata Bill Van Esveld, peneliti dari Human Right Watch.

Aksi di Banjarmasin

Sebagai bentuk kepedulian terhadap perjuangan bangsa Palestina, Minggu (14/4) pagi digelar Konser Kemanusiaan Peduli Palestina di Gedung Sultan Suriansyah (Susu) kawasan Kayutangi, Banjarmasin.

Acara itu mendatangkan dua penyanyi religi, Opick dan Sulis. Juga ada Ustadz Ahmad al-Habsyi yang akan menyampaikan tausiah.

Kemarin, panitia konser, Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina, bertandang ke redaksi BPost Group di Banjarmasin. Kedatangan mereka terasa istimewa karena ikut juga salah seorang tokoh sekaligus ulama Palestina, Syaikh Maher Abdullah Ahmed Joghmed. Rombongan diterima pimpinan BPost Group yang dikoordinasi Pemimpin Umum H Pangeran Rusdi Effendi AR.

Syaikh Maher mengatakan sangat bersyukur bisa bertemu jajaran pemimpin BPost Group yang sebagaimana warga Indonesia lainnya selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina. Pria yang pernah ditahan  Israel selama tujuh tahun itu mengaku selalu 'membaca' semangat warga Indonesia untuk membantu warga Palestina.

"Indonesia adalah gudang manusia yang siap membantu perjuangan warga Palestina. Saat ini penindasan oleh Israel terus terjadi. Tempat suci, Masjid al-Agsha juga ditindas. Demikian pula warga Palestina yang berada di tahanan. Mereka juga memaksakan pendirian permukiman Yahudi," kata dia.

Salah seorang panitia, Wilmar mengatakan pada konser juga dilakukan penggalangan dana secara sukarela. Selain itu Opick dan Sulis akan melakukan lelang kemanusiaan. "Laporan pertanggungjawaban acara ini bisa dibaca di BPost," ucap dia. (alj/rtr/dia/bb)


Anda sedang membaca artikel tentang

Israel Siksa 263 Bocah

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2013/04/israel-siksa-263-bocah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Israel Siksa 263 Bocah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Israel Siksa 263 Bocah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger