Gempa 6,5 SR Guncang Hokkaido

Written By Unknown on Minggu, 03 Februari 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID - Gempa dengan kekuatan 6,5 skala Richter (SR) mengguncang  pusat kota Tokachi Hokkaido, selatan Obihiro, Sabtu (2/2/2013) malam, sekitar pukul 23.17 waktu setempat. Namun, guncangan gempa itu tidak menimbulkan korban dan kerusakan yang berarti.

Listrik pun tetap menyala (hanya sejenak mati), lalu menyala seperti biasa. Hal ini karena daerah pusat gempa hanyalah kota kecil tidak begitu besar dan berpenduduk juga tidak begitu banyak, jauh lebih sedikit dibandingkan Tokyo. Demikian laporan Tribunnews.com dari Jepang, Minggu (3/2/2013).

Menurut Badan Meteoiroligi Geofisika Jepang gempa memang agak keras juga tapi tak menimbulkan tsunami atau yang berarti lain, masih terus dimonitor gerakan dan kekuatan gempa hingga kini. Selain di Hokkaido, Sabtu (2/2/2013), sekitar pukul 23.00 waktu setempat juga gempa kecil menggoyang Tokyo.

Sedikitnya 840 unit rumah terganggu listriknya di Hokkaido dekat pusat gempa. Puluhan orang cedera terutama orang lanjut usia. Saat gempa, jalur perkeretaapian sempat berhenti beberapa lama dan jalan tol Hiroo menuju Obihiro juga sempat ditutup, dilarang masuk. Tapi semua kini telah berlangsung normal kembali.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir  (PLTN) Tomarimura di Hokkaido terutama unit 1, 2, 3 sempat terhenti tapi kini sudah berjalan normal. Tidak ada kerusakan tidak ada kebocoran apa pun, ungkap pihak PLTN tersebut.

Gempa serupa dengan kekuatan 6,6 magnitude pernah terjadi di Hokkaido 1 Januari 1987. Dengan demikian ini adalah gempa terbesar di Hokkaido sejak 26 tahun lalu.


Anda sedang membaca artikel tentang

Gempa 6,5 SR Guncang Hokkaido

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2013/02/gempa-65-sr-guncang-hokkaido.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gempa 6,5 SR Guncang Hokkaido

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gempa 6,5 SR Guncang Hokkaido

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger