Trik Agar Lebih Mudah "Dilirik" Headhunter

Written By Unknown on Senin, 06 April 2015 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ingin mencari pekerjaan baru? Selain mengirimkan lamaran kepada perusahaan yang Anda incar, Anda juga bisa mewujudkan masa depan karier yang lebih cerah dengan bantuan dari headhunter. Tentu saja, keberadaan Anda harus dapat dideteksi oleh headhunter .

Lantas, apa saja faktor yang membuat pekerja mendapatkan tawaran pekerjaan dengan level lebih tinggi atau gaji lebih besar.

"Jika Anda ingin naik ke level yang lebih tinggi atau mendapatkan gaji yang lebih besar, Anda tentu harus menaikkan atau meningkatkan kemampuan, kompetensi, dan kapasitas diri sendiri," ujar Erin Mutiara, M. Psi., dari FAME Konsultan.

Alumni Universitas Indonesia ini menegaskan bahwa faktor-faktor ini berlaku baik untuk mendapatkan tawaran promosi di perusahaan sendiri maupun tawaran pekerjaan di tempat lain.

Nah, faktor kedua adalah jaringan atau network . "Seorang pekerja akan lebih mudah 'dilirik' oleh atasan maupun headhunter jika kompetensi atau pencapaiannya terdengar dan terekspos. Oleh karena itu, selain membuat pencapaian, penting bagi pekerja untuk menjalin relasi dan memperluasnetwork ."

Anda bisa membuat diri "terlihat" dengan memanfaatkan media sosial. "Sekarang ini, media sosial banyak digunakan perusahaan atau headhunter sebagai tempat riset mencari dan menemukan profil pekerja atau executive yang dibutuhkan. Salah satunya LinkedIn yang banyak digunakan untuk membangun jaringan profesional," saran Erin.

Jadi, segera buatlah profil yang kredibel namun tetap "menjual" di LinkedIn, misalnya. Anda juga bisa memperkuat nilai jual Anda dengan meminta kolega hingga atasan untuk menuliskan testimoni mengenai pengalaman mereka bekerja dengan Anda atau sesederhana memberikan endorsement . "Buatlah identitas profesional yang menarik, tapi Anda tetap harus jujur," sarannya.

Satu hal yang mesti Anda perhatikan adalah citra di dunia maya memegang peranan penting saat Anda mencari pekerjaan.

"Saat ini, media sosial bahkan sudah dijadikan tempat riset oleh kampus untuk menelaah calon mahasiswanya. Terlebih lagi di dunia profesional di mana citra diri di dunia maya tentu sangat penting agar pekerja 'terdeteksi' oleh headhunter, " pungkasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Trik Agar Lebih Mudah "Dilirik" Headhunter

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2015/04/trik-agar-lebih-mudah-headhunter.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Trik Agar Lebih Mudah "Dilirik" Headhunter

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Trik Agar Lebih Mudah "Dilirik" Headhunter

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger