Beruntunglah Orang Gemuk karena Risiko Pikun Lebih Kecil

Written By Unknown on Selasa, 14 April 2015 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID - Banyak kondisi kesehatan yang terpengaruh ketika seseorang overweight, kebanyakan berupa dampak negatif. Namun, sebuah penelitian terbaru justru menemukan dampak positif dari overweight, yaitu orang gemuk memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kepikunan.

Hasil penelitian yang cukup mengejutkan ini memang berlawanan dengan sejumlah pernyataan terkait kesehatan dari kelebihan berat badan maupun gemuk. Bahwa kedua kondisi tersebut berkaitan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, beberapa jenis kanker, dan masalah penyakit lainnya.

Temuan yang dipublikasikan dalam Lancet Diabetes & Endocrinology diperoleh dari analisis terhadap sekitar 2 juta orang Inggris. Studi dilakukan oleh tim dari Oxon Epidemiology dan London School of Hygiene and Tropical Medicine setelah menganalisis rekam medis dari para responden yang berusia rata-rata 55 tahun selama dua dekade.

Analisis konservatif mereka menunjukkan orang-orang dengan berat badan kurang mengalami risiko demensia 39 persen lebih besar dibandingkan dengan yang memiliki berat badan sehat. Tetapi, mereka dengan kelebihan berat badan memiliki penurunan demensia 18 persen dan 24 persen untuk yang gemuk.

"Ini memang mengejutkan," terang Dr. Nawab Qizilbash, pimpinan penelitian tersebut. Dan juga kontroversial. Sisi yang menjadi perdebatan adalah pengamatan bahwa orang overweight dan gemuk memiliki risiko dementia lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki indeks massa tubuh sehat, normal.

Penjelasan untuk efek perlindungan ini masih kurang. Ada sejumlah pendapat bahwa kekurangan vitamin D dan E berkontribusi terhadap demensia dan lebih sedikit pada mereka yang asupan makanannya terbilang kurang.

Hanya saja, temuan yang menyatakan orang gemuk memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kepikunan ini, dikatakan Dr. Qizilbash bukan menjadi alasan untuk menimbun berat badan. "Jangan berpikir, oke-oke saja untuk kelebihan berat badan atau menjadi gemuk. Bahkan kalaupun ada efek perlindungan, Anda bisa jadi tidak hidup lebih lama untuk mendapatkan manfaat tersebut," tegas Dr. Qizilbash.


Anda sedang membaca artikel tentang

Beruntunglah Orang Gemuk karena Risiko Pikun Lebih Kecil

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2015/04/beruntunglah-orang-gemuk-karena-risiko.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Beruntunglah Orang Gemuk karena Risiko Pikun Lebih Kecil

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Beruntunglah Orang Gemuk karena Risiko Pikun Lebih Kecil

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger