Inilah Fungsi Air untuk Kesehatan yang Sesungguhnya

Written By Unknown on Jumat, 20 Maret 2015 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sekitar 60-70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Itu sebabnya fungsi air untuk kesehatan tubuh sangat penting. Tapi tahukah Anda, air putih yang biasa dikonsumsi ternyata memiliki banyak kandungan dan syarat untuk disebut sebagai air yang menyehatkan? Simak ulasan berikut.

Air putih adalah istilah yang umum digunakan untuk air minum yang dikonsumsi sehari-hari. Air tersebut berfungsi sebagai salah satu zat gizi yang penting di samping karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral serta serat.

Sebagai sumber utama asupan air bagi tubuh, selain air yang terkandung dalam bahan makanan (termasuk buah) atau air dari konsumsi sayur berkuah, tentu begitu besar manfaat air putih untuk kehidupan.

"Kita mungkin mampu tidak makan hingga 3 hari, namun kita tidak akan sanggup tidak minum lebih dari 1 hari," papar dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO.Pengurus PDSKO (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Indonesia), saat menjelaskan fungsi air untuk kesehatan tubuh.

Lebih lanjut, dokter yang juga staf pengajar luar biasa Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga FKUI Jakarta dan praktisi dokter spesialis kedokteran olahraga di Jakarta ini memaparkan fungsi air untuk kesehatan tubuh . Apa saja?

1. Air berfungsi sebagai media proses metabolisme sel

2. Sebagai komponen sel dan cairan tubuh, seperti cairan darah, cairan getah bening, cairan sendi, cairan bola mata, cairan otak, dan lainnya.

3. Menjaga suhu tubuh tetap dalam batas normal.

4. Sebagai media pelarut zat gizi, gas pernafasan (oksigen, karbondioksida), sisa metabolisme sel, toksin, dan lain-lain.

Mengingat fungsi air untuk kesehatan yang begitu besar, sebaiknya sesuaikan konsumsi air sesuai kebutuhan. Pasalnya, kurang minum air akan berisiko dehidrasi. Selain itu, infeksi saluran cerna (diare atau muntaber) juga bisa mengintai bila kita mengonsumsi air yang mengandung mikroorganisme berbahaya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Inilah Fungsi Air untuk Kesehatan yang Sesungguhnya

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2015/03/inilah-fungsi-air-untuk-kesehatan-yang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inilah Fungsi Air untuk Kesehatan yang Sesungguhnya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inilah Fungsi Air untuk Kesehatan yang Sesungguhnya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger