Gunung Slamet Keluarkan Dentuman Keras 20 Kali

Written By Unknown on Jumat, 12 September 2014 | 12.03

net

Aktivitas vulkanik Gunung kedua tertinggi di Pulau Jawa itu terekam jelas ketika dua petugas dari Pos Pengamatan Gunung Slamet di Dukuh Sawangan, Desa Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (10/8) dini hari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, YOGYA - Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah masih tinggi hingga Jumat (12/9/2014). Status Siaga (level III).

Berdasarkan data pengamatan gunungapi Slamet oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Kamis (11/9/2014) antara pukul 12.00 - 18.00 Wib aktivitas gunung meningkat dibanding kemarin.

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam rilisnya menyatakan, Gunung Slamet teramati terjadi 38 kali letusan dengan mengeluarkan abu berwarna cokelat kehitaman tebal dengan tinggi letusan 200 hingga 1.500 m.

Selain itu juga terdengar 20 dentuman kuat dari gunung api itu.

"Sementara jarak luncur material lava pijar 1.300 m. Hal ini menyebabkan hutan savana di sekitar puncak Gunung Slamet terbakar di dua titik yaitu kawasan sebelah timur dan barat laut," kata Sutopo.

Dari kegempaan, lanjutnya, telah terjadi 25 kali gempa letusan dan 83 kali gempa hembusan.

"Rekomendasi masyarakat dilarang memasuki area radius 4 km dari puncak G Slamet. Masyarakat dihimbau tetap tenang. Aktivitas tetap berjalan normal. Belum perlu ada pengungsian," terang Sutopo lagi.

Meski ada peningkatan aktivitas, masyarakat di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang belum perlu mengungsi. Namun masyarakat diimbau untuk tetap siap siaga.

Sutopo melanjutkan, BNPB telah memberikan pendampingan kepada BPBD Jawa Tengah dan BPBD di 5 kabupaten sekitar Gunung Slamet dalam menyusun rencana kontinjensi


Anda sedang membaca artikel tentang

Gunung Slamet Keluarkan Dentuman Keras 20 Kali

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2014/09/gunung-slamet-keluarkan-dentuman-keras.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gunung Slamet Keluarkan Dentuman Keras 20 Kali

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gunung Slamet Keluarkan Dentuman Keras 20 Kali

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger