Peritel Kok Bisa Jual Produk Lebih Murah?

Written By Unknown on Rabu, 16 Juli 2014 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Kenaikan harga jelang Ramadhan dan jelang Lebaran sudah lazim. Namun, di wholesaler besar seperti Lotte Mart, harga produk relatif stabil baik produk hasil manufaktur maupun groceries atau bahan makanan segar.

Sebut saja, harga daging sapi saat ini di LotteMart di jual dengan range harga antara Rp 70.000 – Rp 125.000 per kilogram, tergantung jenis, kualitas dan bagian sapi. Sementara itu, harga telur ayam relatif stabil di kisaran Rp 17.000 per kilogram. Padahal harga kedua bahan pangan ini cenderung naik di pasar tradisional.

Bagaimana Lottemart bisa menjaga harga tetap stabil? "Jadi masalah harga itu ada beberapa indikator. Pertama, harga itu dipasok dari suplier. Jika suplier tidak menaikkan atau menurunkan haga, otomatis harga stabil. Kedua, dilihat dari kondisi pasar. Kalau di pasar ada kenaikan, tapi kita lihat ada stok, kita akan menjaga agar tidak ada kenaikan harga," kata Henky E.Yulianto, Commercial Director-Dry Food LotteMart, ditemui di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (15/7/2014).

Henky mengatakan, bagi pelaku pedagang besar, momen lebaran biasanya dimanfaatkan betul-betul untuk menjaga customer agar mereka mendapatkan harga yang pantas. "Bukan harga yang murah, tapi harga yang pantas," katanya.

Memang diakui Henky, ada beberapa oknum outlet yang pada saat Lebaran, sengaja malah menaikkan harga. Namun, manajemen LotteMart, kata Henky berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga.

Kalaupun ada kenaikan harga jelang Lebaran, biasanya kata Henky, bukan karena susahnya pasokan, namun distribusi yang tersendat. "Biasanya kenaikan dari distribusi, pada mendekati hari H angkutan biasanya susah, sopir banyak yang enggak masuk. Sehingga kalau kita sewa mobil dengan harga lebih mahal, otomatis harga juga akan sedikti lebih mahal. Itu saja," jelasnya.

Adapun kenaikan harga itu tergatung pada jenis produknya, namun rata-rata kenaikan harga akibat biaya distribusi yang naik sekira 10-15 persen. Pada musim lebaran tahun ini, Henky menuturkan, harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil.

Bahkan harga daging sapi yang sempat rata-rata di atas Rp 100.000 per kilogram, pada bulan lalu, kini, ada yang di bawah Rp 100.000 per kilogram. "Bahkan beberapa produk komoditi malah stabil. Seperti tepung, gula,tahun ini stabil," katanya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Peritel Kok Bisa Jual Produk Lebih Murah?

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2014/07/peritel-kok-bisa-jual-produk-lebih-murah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Peritel Kok Bisa Jual Produk Lebih Murah?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Peritel Kok Bisa Jual Produk Lebih Murah?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger