Risma Bantah Sogok EBA untuk Dapatkan United Europe Award

Written By Unknown on Kamis, 08 Mei 2014 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID, SURABAYA - Penghargaan dari Europe Business Assembly (EBA) diduga tidak gratisan. Itu terungkap dari tokoh di sejumlah negara Eropa Timur yang pernah menerima maupun yang pernah ditawari oleh lembaga yang berbasis di Oxford Inggris itu.

Pengakuan para tokoh di kawasan Balkan itu pun sempat membuat heboh ketika diturunkan dalam laporan The Center for Investigative Reporting (CIN), sebuah media di Sarajevo, Agustus 2013.

CIN juga menurunkan dokumen yang dilampirkan pada form persetujuan menerima. Form ini dikirim EBA kepada para tokoh dan lembaga, yang namanya sudah dimasukkan dalam daftar nominasi penerima award.

Dokumen yang dilansir CIN memaparkan daftar tarif award untuk masing-masing kategori. Yang paling mahal adalah penghargaan International Socrates Prize, yakni senilai 9.700 euro atau setara dengan Rp 155.200.000, dengan kurs Rp 16.000/Euro.

Untuk penghargaan kategori United Europe Award yang diterima Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, harganya dipatok senilai 3.900 Euro atau setara dengan Rp 62,4 juta.

Tetapi untuk award yang diterima Surabaya, Wali Kota Tri Rismaharini menyatakan pihaknya sama sekali tidak pernah mengeluarkan uang untuk membeli piala. Pihaknya hanya mengeluarkan uang 4.000 poundsterling sebagai dana partisipasi penyelenggaraan seremoni penerimaan award.

Biaya ini mirip tiket sebagai peserta seremoni. Tiket itu bukan untuk Risma sendiri. Ada enam pejabat Surabaya yang ikut mendampinginya.

Seremoni berlangsung tiga hari, 15-17 April di London. Seremoni diberi titel besar: Internasional Socrates Awards Ceremony. Dalam seremoni itu ada beragam kategori penghargaan yang diberikan. Socrates Award dengan katagori City of Future, salah satunya.

Seremoni itu diwarnai berbagai kegiatan, termasuk city tour atau tur keliling Kota London bersama semua peserta, undangan dari berbagai negara. Juga diisi seminar dan kompetisi paparan konsep pembangunan bertema City of Future (kota masa depan).

Usai presentasi pembangunan Surabaya sebagai City of Future di depan juri Risma memang mendapatkan piala. Tapi, bukan piala Socrates Award seperti yang dilansir pemkot. Piala yang diterima Risma adalah United Europe Award, penghargaan yang diberikan bagi insan, karena berhasil mengintegrasikan kotanya dengan dunia Eropa.

Menanggapi hal itu, Risma menyatakan dirinya tidak tertarik membicarakan apalagi berpolemik soal nama penghargaan yang diterimanya. Wali Kota yang sudah menerima banyak penghargaan ini mengaku keberangkatannya ke Ibu Kota

Inggris itu semata-mata tertarik untuk menjual Surabaya ke forum internasional.

"Saya ingin menunjukkan ke orang-orang Surabaya kalau kota mu bisa bangkit," katanya, Rabu (7/5/2014).

Langkah itu diyakini Risma bisa membangkitkan motivasi warga Surabaya.

"Untuk membangkitkan motivasi dan semangat orang-orang itu sulitnya bukan main. Cuma dengan kata-kata saja akan sulit. Motivasi ini tentu target akhirnya masyarakat bisa terpacu untuk maju dan sejahtera," tegasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Risma Bantah Sogok EBA untuk Dapatkan United Europe Award

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2014/05/risma-bantah-sogok-eba-untuk-dapatkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Risma Bantah Sogok EBA untuk Dapatkan United Europe Award

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Risma Bantah Sogok EBA untuk Dapatkan United Europe Award

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger