Chairul Tanjung Dilantik Jadi Menko Perekonomian

Written By Unknown on Senin, 19 Mei 2014 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung (CT) menjadi Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Senin (19/5/2014).

Berdasarkan agenda, pelantikan CT akan digelar di Istana Negara, Jakarta pada pukul 10.00 WIB.

Wakil Presiden Boediono dan sejumlah anggota Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II juga akan hadir dalam pelantikan CT.

Sebelumnya, SBY meminta Chairul Tanjung (CT) sebagai Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa bisa segera bekerja. Apalagi, waktu pemerintahan hanya tersisa enam bulan lagi.

"Saya berharap pak Chairul Tanjung segera bekerja. Tidak ada waktu untuk orientasi dan memang tidak diperlukan," ungkap SBY saat mengumumkan CT sebagai pengganti Hatta, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/5/2014).

SBY pun yakin, CT bisa mengemban tugas yang ditinggalkan Hatta dengan baik. "Semuanya ini penting untuk rakyat Indonesia," ujar SBY.

Lebih lanjut SBY menuturkan sejak 2004 lalu memerintah CT telah ditawarkan untuk duduk di Kabinet pemerintaan yang dipimpinnya. Pun begitu tahun 2009 dan saat ada pergantian kabinet. Namun, sebanyak itu pula CT belum menyatakan kesediaannya.

"Beliau saat itu tidak bersedia dan memilih untuk menekuni kegiatan ekonomi dan usaha. Tetap membantu pemerintah tapi dari posisi yang lain. Demikian juga tahun 2009, kembali saya ajak untuk masuk dalam kabinet, pak Chairul juga tidak bersedia untuk menjadi Menteri," ujar SBY.

Akan tetapi, ketika sekali ini SBY meminta untuk bergabung guna mengganti Hatta, CT menerimanya.

Tanggalkan Posisi di Perusahaan

CT pun merespon kepercayaan SBY kepadanya dengan ingin fokus bekerja dalam enam bulan kedepan dengan menanggalkan posisinya di semua perusahaannya. Langkah ini diambil supaya tidak ada conflict of interest selama dia menjabat sebagai Menko Perekonomian.

Chairul merupakan pemilik CT Corp. Grup ini menguasai berbagai lini bisnis mulai dari perusahaan media masa, perbankan hingga ritel.

Seperti diberitakan, Hatta pada Rabu (13/5/2014) lalu, sudah bertemu dengan Presiden didamping bakal capres Partai Gerindra Prabowo Subianto. Di dalam pertemuan itu, Hatta menyampaikan pengunduran diri sebagai menteri karena hendak maju sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo.

Mundurnya Hatta dari jabatan Menko Perekonomian itu mengikuti ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Dalam Pasal 6 UU tersebut, pejabat negara yang dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik sebagai calon presiden atau calon wakil presiden harus mundur dari jabatannya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Chairul Tanjung Dilantik Jadi Menko Perekonomian

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2014/05/chairul-tanjung-dilantik-jadi-menko.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Chairul Tanjung Dilantik Jadi Menko Perekonomian

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Chairul Tanjung Dilantik Jadi Menko Perekonomian

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger