Lidah Urang Banua Tak Cocok Beras Impor

Written By Unknown on Jumat, 18 April 2014 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Terbitnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 19/M-DAG/PER/3/2014 Tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Beras berlaku sejak tanggal diundangkan, 3 April 2014 tak membuat kekhawatiran pedagang beras banua.

Rizky, salah satunya. Pedagang beras di Pasar Bauntung Banjarbaru ini mengatakan, ia tak menjual beras impor. Pasalnya, lidah Urang Banjar tak bisa pindah ke lain hati. Beras Banjar tetap menjadi favorit.

"Unus memang paling disuka. Makanya kami jual beras Banjar cukup banyak. Selain itu ada pula beras Jawa. Kalau beras Jawa, biasanya ya orang Jawa juga yang membeli. Beras Jawa itu lebih pulen. Kalau orang Banjar sukanya 'karau' dan beras Banjar itu manis," jelas Rizky.

Ditanyakan ada kabar akan masuk beras impor, dia mengaku tak khawatir. Beras luar negeri tampaknya tak disukai Urang Banua. Jadi kalau pun dijual kurang laris. Tidak heran selama ini tak ada jual beras impor.

Sementara itu Farida Wariansi, Kadisperindag Kalsel mengakui sudah mengetahui adanya Permendag tentang ekspor impor beras. Dia mengatakan, peraturan itu lebih untuk memenuhi kebutuhan beras nasional. Impor pun tidak dilakukan secara bebas, melainkan ada aturan dan bagi Kalsel tampaknya tak berlaku.

"Kalau di Kalsel bahkan ada yang mengirim ke luar pulau. Tapi jumlahnya tidak banyak. Kalsel merupakan salah satu provinsi surplus beras di Indonesia," urai Farida.

Namun dirinya mengaku tidak ingat persis berapa kebutuhan beras per hari. Hanya, yang jelas untuk pemenuhan beras di Kalsel tak ada masalah. Kalau pun ada beras lain masuk hanya dari Jawa.

"Karena itu di Kalsel tak ada importir beras. Hal ini juga berkaitan dengan lidah Urang Banjar yang sulit digantikan beras lain. Apalagi beras impor," urainya.

Selain berkaitan dengan urusan selera, beras impor juga mesti diwaspadai. Bisa jadi pakai pengawet mengingat pengangkutan cukup jauh dan bisa menggunakan pemutih. Hanya, pedagang beras saja yang kadang tahu mendeteksi beras berpengawet tersebut


Anda sedang membaca artikel tentang

Lidah Urang Banua Tak Cocok Beras Impor

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2014/04/lidah-urang-banua-tak-cocok-beras-impor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lidah Urang Banua Tak Cocok Beras Impor

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lidah Urang Banua Tak Cocok Beras Impor

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger