Mencari Figur Ulama Kharismatik

Written By Unknown on Selasa, 26 November 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kekhawatiran dan kegelisahan masyarakat akan semakin berkurangnya ulama di daerah Kalsel menjadi perhatian kalangan ulama dan para intelektual di IAIN Antasari Banjarmasin.

Melalui Fakultas Ushuluddin dan Humaniora IAIN Antasari Banjarmasin digelar seminar regional "Mencari Figur Ulama Kharismatik" di Aula PSB IAIN Antasari Banjarmasin, Selasa (26/11).

Narasumber yang hadir adalah Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kota Banjarmasin Drs H Murjani Sani dan Wakil III Rektor IAIN Bidang Kemahasiswaaan dan Kerjasama Dr Mujiburrahman.

Drs H Murjani Sani mengatakan, peran MUI dalam masyarakat sangat penting keberadaannya.

"Sebagai ahli waris tugas para nabi, MUI berperan menyebarkan ajaran Islam serta memperjuangkan terwujudnya kehidupan yang arif dan bijaksana berdasarkan Islam," ujarnya

Selain itu katanya MUI juga sebagai pemberi fatwa serta pembimbing umat agar bisa menegaskan kebenaran dan kebatilan.

Sementara Dr Mujiburrahman dalam makalahnya menyampaikan saat ini di Kalsel ada tiga ulama yang menjadi perhatian masyarakat yakni K H Muhammad Bachiet (Guru Bachiet), K H Asmuni (Guru Danau) dan K H Ahmad Zudiannor (Guru Zuhdi).

Menurutnya sepeninggal ulama besar di Kalsel yakni K H Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul) pada Agustus 2005, terjadi perubahan yang signifikan dalam aktivitas pengajian atau majelis taklim.

"Martapura tak lagi menjadi wilayah utama dalam pengajian-pengajian yang diikuti oleh puluhan ribuan orang, tetapi menyebar ke kawasan lain yang cukup merata seperti Banjarmasin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara,  Balangan serta Tanjung," ujarnya.

Terpisah ketua pelaksana kegiatan yang juga Wakil II Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora IAIN Antasari Banjarmasin Dra H Sitti Farida Mag mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mencari seperti apa figur ulama yang ideal.

Dia melihat mungkin ada banyak ulama kharismatik yang ada di daerah-daerah Kalsel.

"Keberadaan mereka diharapkan mampu mempersatukan masyarakat dan umat, bukan justru menjadi pemecah umat," katanya.

Kegiatan dihadiri oleh para ulama di Banjarmasin serta dosen dan pengajar Fakultas Ushuluddin dan Humaniora IAIN Antasari Banjarmasin

.(Muhammad elhami)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mencari Figur Ulama Kharismatik

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2013/11/mencari-figur-ulama-kharismatik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mencari Figur Ulama Kharismatik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mencari Figur Ulama Kharismatik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger