Di Banyuwangi Penderita Aids Capai 1600 Lebih

Written By Unknown on Sabtu, 30 November 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANYUWANGI - Jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Banyuwangi terus bertambah jumlahnya.

Data dari Dinas Kesehatan Banyuwangi menyebutkan, hingga bulan Oktober 2013 jumlah ODHA mencapai 1608. Jumlah ini meningkat 51 orang dibanding jumlah ODGA bulan Agustus lalu.

"Ini menempatkan Banyuwangi sebagai kota ketiga dengan jumlah penderita HIV/AIDS tertinggi di Jawa Timur, setelah Surabaya dan Malang," terang Sudarto, Kepala Sie Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (30/11/2013) usai acara peringatan Hari AIDS se Dunia di Simpang Lima Banyuwangi.

Sudarto menambahkan yang membuat seluruh pihak prihatin, jumlah penderita HIV/AIDS terbesar di Banyuwangi berada di range usia produktif yakni usia 30 hingga 35 tahun.

"Ini yang membuat semua pihak prihatin disaat mereka yang berusia produktif justru menderita penyakit ini," ucapnya.

Sudarto menambahkan, selain sebaran terbanyak pada usia produktif, 60 persen dari jumlah total ODHA di Kabupaten Banyuwangi menimpa ibu rumah tangga.

"Ada juga kasus ibu rumah tangga hamil yang positif HIV dan juga anak-anak karena terjangkit dari ibunya. Tapi data pastinya belum diketahui. Catatan Dinas Kesehatan sejak 2010 ada temuan. 23 kasus ibu hamil dengan HIV/AIDS," ucapnya.

Sementara itu Erna Agustina Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Banyuwangi menyatakan, jumlah 1608 ODHA (Data Dinas Kesehatan Banyuwangi) bisa saja lebih banyak dari itu mengingat tidak seluruh penderita HIV/ODHA secara terbuka mengakui dan bersedia didata.

"Untuk itu, KPA bersama organisasi lain dan juga Dinas Kesehatan terus melakukan sosialiasasi bahaya dan penyebaran HIV/AIDS dengan harapan bisa memutus rantai penularan," kata Erna.

Sebelumnya, ratusan pelajar, mahasiswa Banyuwangi bersama Komisi Penangulangan AIDS (KPA) Kabupaten Banyuwangi dan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat memperingati hari AIDS se dunia dengan melakukan longmarch sepanjang jalan protokol kota, Sabtu (30/11/2013) pagi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Di Banyuwangi Penderita Aids Capai 1600 Lebih

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2013/11/di-banyuwangi-penderita-aids-capai-1600.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Di Banyuwangi Penderita Aids Capai 1600 Lebih

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Di Banyuwangi Penderita Aids Capai 1600 Lebih

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger