Sepasang Ayam Dilepas di Pulau Cinta

Written By Unknown on Senin, 18 Maret 2013 | 12.03

pesta_adat.jpg

Bupati Kotabaru Irhami Ridjani (kaus putih) dan Ketua DPRD Alpidri Supiannor saat melepasa sepasang ayam di Pulau Cinta, pada pesta Mallasuangmanu.- Ist

BANJARMASINPOST.CO.ID.KOTABARU - Pesta adat Mallasuangmanu di Desa Teluk Aru, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan terlihat meriah. Ribuan warga atas orangtua dan anak-anak memadati sepanjang pantai lokasi tempat prosesi dilaksanakan.

Kemeriahan bercambur dengan senyum sumringah warga, semakin tampak saat acara pesta adat dibuka Bupati Kotabaru Irhami Ridjani, Minggu (17/03).

Pesta adat mallasuangmanu atau yang dalam kata lain pelepasan sepasang ayam yang terdiri atas ayam betina dan jantan itu dipusatkan di pesisir pantai teluk aru.

Prosesi ritual khas warga Suku Mandar tersebut, dilaksanakan setahun sekali.

Sekadar diketahui pelepasan sepasang ayam, warga setempat khususnya mereka muda dan mudi memercayainya setelah pelapasan ayam mereka akan cepat mendapatkan jodoh.

Bahkan, memperkuat kepercayaan itu, prosesi pelepasan ayam dilaksanakan di sebuah pulau seluas lebih kurang 500 meter persegi. Pulau tersebut diberi nama Pulau Cinta.

"Pulau itu diberi nama pulau cinta yang sekali tempat prosesi pelepasan ayam, karena pulau itu benbentuk hati/amor," ujar Udin, salah seorang warga.

Bahkan, mitos ini menjadi tradisi warga secara turun temurun. Tetapi sebelum prosesi pelepasan ayam dilaksanakan, seorang warga yang menjadi tokoh adat dalam pelaksaan itu membacakan doa, sebagai bentuk permohonan kepada Tuhan yang Maha Esa.

"saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru sangat mengapresiasi karena telah mempertahankan budaya ini". Ujar Irhami.

Irhami pun kedepannya menuai harapan untuk terus mengembangkan potensi wisata yang nantinya bisa menarik wisatawan dari luar daerah Kabupaten Kotabaru.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sepasang Ayam Dilepas di Pulau Cinta

Dengan url

http://banjarberita.blogspot.com/2013/03/sepasang-ayam-dilepas-di-pulau-cinta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sepasang Ayam Dilepas di Pulau Cinta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sepasang Ayam Dilepas di Pulau Cinta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger