Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts Today

Proyektil Matjari Dioperasi

Written By wartini cantika on Minggu, 31 Maret 2013 | 12.03

Baca Juga

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penanganan, Matjari (40) korban peluru nyasar langsung diambil alih pihak kepolisian dengan memindahkan perawatan Matjari dari RSUD Ulin Banjarmasin ke RS Hoegeng Imam Santoso (Bhayangkara) Banjarmasin.

"Sejak siang tadi (kemarin), korban sudah dipindah ke RS Bhayangkara," kata Humas RSUD Ulin Banjarmasin, Sabtu (30/3).

Menurut dia pemindahan dilakukan untuk melakukan identifikasi terhadap korban oleh pihak kepolisian.

"Kalau ditangani RS Bhayangkara mereka bisa mengidentifikasi," lanjut dia.

Usai mendapat limpahan korban peluru nyasar, pihak RS Hoegeng Imam Santoso
Langsung mengambil tindak medis dengan mengoperasi Matjari.

Operasi dilakukan untuk mengeluarkan proyektil yang masih bersarang di tubuh Matjari agar tidak membahayakan jiwanya.

"Kata perawat pelurunya sedikit demi sedikit berjalan turun ke bawah," ujar istri Matjari, Zubaidah yang ditemui di ruang kamar operasi, RS Bhayangkara.

Zubaidah mengaku pemindahan Matjari atas inisiatif pihak kepolisian bukan dari pihak keluarga.

"Kita mengikuti saja sebab di RSUD Ulin belum juga mengambil tindakan," kata ibu dua anak ini.


12.03 | 0 komentar | Read More

Pedagang Dadakan Ramaikan Bundaran Besar Palangkaraya

Bundaran Besar Palangkaraya - kalimantanku.blogspot.com

BANJARMASINJPOST.CO.ID, PALANGKARAYA -Suasana pagi di Bundaran Besar Palangkaraya,Kalimantan Tengah, Minggu (31/3/2013) makin ramai. Pasalnya bukan hanya warga yang melakukan olahraga saja, tetapi juga banyak para pedagang yang turut mencari rezeki di lokasi ini.

Pantauan Minggu Pagi hari ini, pada pedagang yang berjualan di kawasan ini bukan hanya penjual makanan atau minuman semata, tetapi juga ada penjual mobil dari dealer maupun sepeda motor bahkan juga banyak yang menjual pakaian dan barang dagangan Lainnya hanya dengan menggunakan mobil keliling.

Beberapa pedagang yang ditanya seputar bisnis yang dilakukan mengaku tetap akan berjualan di kawasan ini, karena lokasi ini setiap minggu pagi maupun sore hari selalu ramai didatangi warga yang ingin melakukan kegiatan olahraga.

"Kami tetap akan berjualan di sini meskipun penghasilannya tidak menentu, karena ada saja barang yang terjual meski sedikit," sebut Nordin salah satu penjual baju.


12.03 | 0 komentar | Read More

Terpukau Tendangan Super Mario

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri, terpukau dengan penampilan  Mario Balotelli saat timnya mengalahkan Chievo Verona 1-0 dalam lanjutan Serie-A di Stadion Marc' Antonio Bentegodi, Sabtu atau Minggu (31/3/2013) dini hari WIB.

Gol semata wayang Milan yang diciptakan Riccardo Montolivo tidak lepas dari peran Balotelli. Gol berawal dari tendangan bebas SuperMario yang ditepis oleh kiper Christian Puggioni. Bola rebound dengan cepat disambar Montolivo dan gol.

Setelah itu, Balotelli selalu sukses saat mengeksekusi tendangan bebas yang berhasil mengenai sasaran. Namun, tendangan akurat yang dilepaskan eks bomber Manchester City dan Inter Milan itu selalu mampu ditepis Puggioni.

"Balotelli datang pada Januari. Kami tidak memiliki pemain yang bisa mengeksekusi tendangan bebas dengan baik. Montolivo mencetak gol bagus. Namun hari ini, Balotelli melepas tembakan bebas yang selalu mengarah ke sasaran dari jarak jauh dengan sudut yang berbeda. Dia berbakat besar dan sikapnya telah berubah, seperti yang ditunjukkannya saat mengeksekusi tembakan dan tetap tenang," jelas Allegri.

"Mario tampil dengan semangat. Dia merasa seperti pemain protagonis di Milan dan saya pikir, dia bisa melakukan lebih banyak lagi. Stephan El Shaarawy masih perlu ketenangan, karena dia tidak perlu mencetak gol setiap saat. Pada babak kedua, dia tampil sangat baik, saat terisolasi di sisi kiri. Yang terpenting, tim bermain baik dan menang," sambungnya.

Hasil ini membuat Milan belum terkalahkan dan gawangnya belum kebobolan di Serie-A sepanjang tahun ini. I Rossoneri sukses menapak naik setingkat ke papan kedua dan menggeser Napoli. Azzurri bisa merebut kembali posisinya jika mampu mengalahkan Torino yang akan berlangsung setelah laga Chievo kontra Milan.   

"Sektor pertahanan paling penting. Faktanya, tiga tim teratas memiliki pertahanan yang bagus. Jika pertahanan baik, serangan Anda juga baik. Kami pantas meraih kemenangan dan Christian Abbiati layak mendapatkan pujian atas penyelamatan gemilang saat menepis tembakan Luciano," puji pelatih asal Italia itu.


12.03 | 0 komentar | Read More

Lele Cantik Berwarna Macan Ditawar Rp 3 Juta

lelek.jpg

Sepasanag aikan lele yang warnanya mirip dengan harimau atau macan di polewali mandar ditawar warga hingga Rp 3 juta rupiah. Ikan lele macan yang tengah bunting ini tidak hanya dinilai cantik dan unik tapi juga dipercaya begain warga bisa mendatangkan reski bagi siapa yang memelinhranya dnegna baik- kompas.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sepasang ikan lele yang memiliki warna mirip dengan kulit macan atau harimau milik Haji Aan banyak menarik hati orang. Sampai-sampai, ada orang yang menawar sepasang lele tersebut hingga Rp 3 juta.

Lele cantik ini ditemukan oleh Iskandar di sungai yang berada di Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar. Saat itu, dia tengah menjala ikan di sungai tersebut. Tanpa sengaja, sepasang ikan cantik terjaring jala.

Sepasang ikan lele itu berwarna baret coklat dipadu hitam dan kuning kemerah-merahan. Salah satunya tengah bunting.

Gembira mendapatkan ikan cantik dan unik yang tidak pernah dilihat sebelumnya, Iskandar langsung pulang ke ruamhnya. Ikan lele cantik ini sempat menjadi pusat perhatian warga dan sanak tenagga Iskandar. Ikan lele mirif macan ini kemudian diserahkan Iskandar ke Haji Aan, salah seorang kerabatnya untuk dipelihara.

Sejumlah kolektor dan pencinta ikan cantik yang melihat langsung ikan lele unik ini pun berlomba-lomba memilikinya. Sampai ada yang menawar Rp 3 juta. Padahal, pedagang biasanya menjual ikan lele Rp 100 untuk per kilogramnya.

Meski banyak yang menawar, Haji Aan enggan melepas lele tersebut karena susah didapat dan dianggap membawa rezeki.

"Saya tidak berminat menjualnya meski banyak yang memintanya. Saya justru berharap bisa mengemabangkan ikan ini agar bisa beranak lebih banyak dan mudah-mudahan anaknya bisa lebih cantik dari induknya," ujar Aan, Minggu (31/3/2013).


12.03 | 0 komentar | Read More

XL Latih Majelis Taklim untuk Budidaya Bebek Petelur

CSR_Berbagi_Ilmu_XL_Pattalassang_(3).JPG

AKADEMISI dari Universitas Hasanuddin Dr. Ir. Wempie Pakiding, M.Sc (kanan depan) saat memberikan materi tentang Budidaya Bebek Petelur didepan para peserta pelatihan yang antusias menyimak penjelasan sang Dosen Unhas tersebut di Aula Kantor Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa, Kamis (28/3).- Ist

BANJARMASINPOST.CO.ID, MAKASSAR - Komitmen PT XL Axiata Tbk (XL) memajukan dunia pendidikan dan perekonomian masyarakat terus digiatkan. Kali ini melalui Pelatihan Budidaya Bebek Pedaging dan Petelur di pedesaan.

Program ini meliputi dukungan XL didunia pendidikan dalam hal pengembangan ekonomi masyarakat desa dan potensi daerah pedesaan melalui ragam pelatihan yang tepat dengan pemberdayaan beternak itik secara profesional dan maksimal.
    
GM Finance & Management Service (FMS) XL North, Awaluddin, mengatakan, "Ini merupakan momen istimewa bagi XL dan juga sebagai wujud apresiasi perusahaan terhadap kemajuan pendidikan di wilayah North termasuk di wilayah Kecamatan Pattalassang.  

Acara program Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Pattalassang. Kegiatan ini menitik beratkan pada bimbingan masyarakat desa akan pengelolaan itik petelur dan itik pedaging di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Pattallassang.

Yaitu pelatihan dan bimbingan itik petelur dan itik pedaging bertujuan agar masyarakat memahami cara beternak yang baik. Serta bagaimana meningkatkan produksi telur dan pedaging. Menghubungkan kelompok peternak dengan lembaga keuangan.

Pelatihan yang diikuti oleh masing-masing perwakilan anggota BKMT dari perwakilan 8 desa di Kecamatan Pattalassang ini pada umumnya adalah peserta warga yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga dan remaja seperti dari Desa Pattalassang dan Desa Borong Pa'lala.

Dalam pelatihan ini peserta pelatihan akan mulai belajar tentang Pengantar umum program XL Berbagi Ilmu "Pelatihan Budidaya Bebek Petelur", budidaya bebek petelur, nutrisi dan tata laksana pemberian pakan pada bebek petelur, konsep pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat, peluang usaha budidaya bebek, Praktik budi daya bebek petelur, hingga pada pelatihan Praktik pembuatan dan  pengolahan pakan bebek Petelur.

Camat Pattallassang, Drs Muh Fajaruddin MM, dalam sambutannya mengatakan, "Kami sangat berterimakasih dengan XL yang telah turut mendukung program pemerintah dalam memajukan UMKM di wilayah ini. Di mana di setiap wilayah di Kecamatan Pattallassang sangat potensial untuk pengembangbiakan bebek dan kami berharap adanya langkah berkelanjutan dari pelatihan ini," ujarnya.

Diharapkan dengan Program Pelatihan yang dipandu oleh pakar peternakan terkemuka dari Universitas Hasanuddin seperti Ketua Jurusan Peternakan UNHAS, Dr. Ir. Wempie Pakiding, M.Sc, Dosen Peternakan UNHAS, Khaerani Kiramang, S.Pt., Mp serta praktisi peternakan dari Kabupaten Sidrap mampu meningkatkan produktivitas peternakan bebek di desa-desa yang masih dikelola secara tradisional. Yang nantinya mampu meningkatkan taraf hidup para peternak di desa-desa.


12.03 | 0 komentar | Read More

XL Aktif Berantas SMS Spam

spam.jpg

Ilustrasi- Net

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Peredaran SMS spam masih saja terus terjadi hingga saat ini dan sangat menganggu pelanggan. Pelaku umumnya mengirimkan pesan non-personal dengan menggunakan nomor ponsel umum, mulai dari informasi produk hingga SMS penipuan.

Karena itu, PT XL Axiata Tbk (XL) menerapkan fasilitas anti spam demi kenyamanan pelanggan dalam memanfaatkan layanan telekomunikasi selulernya.

Vice President Corporate Communication XL, Turina Farouk mengatakan, "Kenyamanan dan kepuasan pelanggan adalah komitmen dan tanggung jawab utama kami. Pengiriman SMS spam tentunya mengganggu kenyamanan para pelanggan.

Untuk mencegah hal tersebut terus berkembang, kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengidentifikasi nomor-nomor yang melakukan pengiriman SMS secara tidak wajar. Kami juga berharap partisipasi pelanggan untuk melaporkan pada kami dan pihak yang berwenang jika dirasa mengganggu kenyamanan."

Fasilitas anti spam diterapkan dengan cara membatasi jumlah SMS yang dapat dikirim oleh seseorang di luar batas kewajaran dengan menggunakan layanan SMS XL. Selain itu, XL menyediakan fasilitas pelaporan SMS spam/SCAM di 588, dengan format "Lapor#MSISDN spammer#isi SMS", atau dengan menghubungi customer service XL di 817. Pelanggan yang menjadi korban juga dapat melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian.

XL melakukan pemantauan atas tingginya frekuensi pengiriman SMS dalam jangka waktu tertentu yang bisa dianggap terlalu berlebihan (>360 SMS/jam), yang bisa diindikasikan untuk mengirimkan SMS spam.
Tindakan yang dimaksud adalah tidak meneruskan SMS yang dikirim atau blok atas layanan SMS. Kami melakukannya berdasarkan Peraturan Menteri yang mewajibkan operator untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Bagi pelanggan perorangan adalah tidak wajar jika dalam 1 jam mampu melakukan pengiriman SMS >360 ke nomor yang berbeda dalam jumlah yang banyak. Kecuali SMS dikirimkan melalui mesin untuk konten yang sama dan ditujukan ke banyak nomor secara acak.

SMS yang dikirimkan dengan cara ini besar kemungkinan berisi pesan yang bersifat non-personal dan nomor-nomor penerima juga tidak mengenal pengirimnya. Jumlah 360/jam kami jadikan batasan minimal atas pertimbangan bahwa kecil kemungkinan pelanggan perorangan mampu mengirimkan pesan personal kepada pemilik nomor yang dikenal dan mengenalnya.

Pemblokiran terbatas untuk layanan SMS-nya. Pelanggan yang nomornya diblokir dapat menggunakan kembali fasilitas SMS-nya  setelah memberikan dan menandatangani pernyataan tertulis bahwa tidak akan lagi mengirimkan SMS ke banyak nomor secara tidak wajar.

Jika nomor yang fasilitas SMS-nya telah dapat dipergunakan kembali tersebut diketahui kembali digunakan untuk mengirimkan SMS ke banyak nomor secara tidak wajar, maka XL berhak untuk mematikan nomor tersebut secara permanen. Sementara nomor yang terbukti melakukan SMS penipuan, nomor akan di-block permanen sesuai dengan parameter yang diberlakukan di XL.


12.03 | 0 komentar | Read More

Bisa-bisa Mubazir

Written By wartini cantika on Sabtu, 30 Maret 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID - NIAT Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) memberi handphone (HP) senilai Rp 500.000 kepada kepala sekolah (Kepsek) dan pengawas untuk mempermudah komunikasi dan pengawasan sebenarnya cukup bagus. Namun, caranya kurang tepat.

Hampir dipastikan Kepsek dan pengawas sekolah sudah memiliki handphone atau gadget lebih dari satu unit dan harganya lebih mahal seperti BlackBerry dan iPad.

Dikhawatirkan, bila handphone itu dibagikan, nantinya tidak dipakai atau diberikan ke anaknya, sehingga kesannya mubazir. Sebenarnya masih ada kebutuhan yang lebih penting dan pragmatis dalam pengawasan.

Bukan sarana yang disediakan, yang lebih penting dipikirkan ke depannya adalah sistem dan mekanisme perekrutan terhadap Kepsek dan pengawas bila muaranya ke kualitas.

Berdasarkan pengamatan, ada kecenderungan pengangkatan seorang pengawas kurang pas latar belakangnya.

Ada pengawas yang diangkat dari guru biasa, sehingga tidak paham administrasi kepemimpinan. Padahal, salah satu tugas pengawas adalah membimbing dan mengawasi Kepsek. Bagaimana bisa melakukannya bila belum berpengalaman sebagai Kepsek.

Jadi, sebelum menjadi pengawas harus berjenjang, mulai seorang guru berprestasi, naik menjadi Kepsek. Dan tidak semua Kepsek bisa menjadi pengawas, tapi hanya yang berprestasi.

Akibat sistem perekrutan yang kurang tepat, ada kesan seorang yang menjadi pengawas itu 'masuk kotak'.

Dari pertimbangan itu, sebaiknya rencana LPMP dipending dulu. Yang paling utama, adanya penataan ke dalam. Diatur juga mekanisme perekrutan seorang pengawas.

Itu perlu koordinasi antara pemerintah daerah, Disdik provinsi dan Kabupaten/kota serta LPMP.

Untuk perekrutan seorang guru menjadi Kepsek tidak masalah karena sudah ada aturan yang jelas dan mekanismenya tepat. (ful)

News Analysis
ALIMUDDIN A DJAWAD
Akademisi STKIP PGRI Banjarmasin


12.03 | 0 komentar | Read More

HP Gratis untuk 3.000 Kepsek

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Memberi handphone (HP) secara gratis ke sedikitnya 3.000 kepala sekolah (Kepsek) tingkat SD sampai SLTA dan pengawas sekolah di Banua.

Itulah yang akan dilakukan secara bertahap mulai bulan depan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalsel.

Tujuannya, mempermudah penilaian kinerja guru dan Kepsek. Seorang Kepsek cukup menggunakan HP yang sudah diprogram khusus itu saat melaporkan kinerja para guru. Demikian pula, para pengawas terhadap Kepsek.

Meskipun saat pemberian tidak dipungut biaya, Kepala LPMP Kalsel, Abdul Kamil Marisi mengatakan setiap bulan, penerima HP harus membayar biaya abonemen Rp 75 ribu. Dengan biaya sebesar itu, penerima HP akan terus berlangganan aplikasi software SMS gateway dan menelepon sepuasnya.

Untuk pendistribusiannya, LPMP akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten/Kota. "Pembagian HP ini terkait pengembangan sistem jejering mutu 2013. Kami mencoba mengikat seluruh sekolah untuk memberikan data mutu sekolah secara cepat. Dengan itu, dapat dilakukan perbaikan sesegera mungkin. Harapannya semua Kepsek mendapat, tetapi kalau tidak mau ya tidak masalah. Yang penting sistem ini berjalan lancar," tegas Kamil kepada BPost di Banjarbaru, kemarin.

Nantinya, penerima ponsel akan mengirim pesan singkat (SMS) hasil penilaian kinerja ke SMS Centre LPMP yang secara digital akan menganalisisnya secara cepat. Analisis itu akan dijadikan pertimbangan seorang pengajar mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

"Dengan cara itu, dalam waktu singkat, kepala sekolah, bisa menentukan PKB yang harus ditargetkan. Adapun parameter kinerja yang diukur adalah pengembangan diri, karya tulis ilmiah dan karya inovatif," ucap Kamil.

Sedangkan penilaian terhadap Kepsek berdasar 50 indikator, 12 komponen tugas utama dan dua dimensi kompetensi yakni kompetensi managerial dan supervisi.

"Bisa diketahui, kelemahan serta kelebihan guru dan Kepsek. Hasil evaluasi akan disertai rekomendasi yang harus dilakukan untuk membenahi kinerja," ujarnya.

Ditegaskan dia, HP gratis akan diatasnamakan sekolah dan wilayah kerja pengawas. Oleh karena itu, gadget itu tidak bisa dibawa pulang. Apabila ada Kepsek yang berhenti atau dimutasi, secara otomatis operatornya adalah Kepsek baru. "Itu menjadi inventaris sekolah," ucapnya.

Mengenai asal barang, Kamil mengatakan hadiah dari salah satu provider, bukan dari proyek pengadaan barang LPMP. "LPMP hanya membayar Rp 1.200.000 setiap bulannya ke provider untuk pengoperasian server SMS gateway. Jadi ibaratnya hanya membeli server lalu diberi hadiah HP. Nah, hadiah itu yang dibagikan ke Kepsek dan pengawas," kata Kamil sembari mengungkapkan target pada tahun ini pembagian ditujukan untuk 30 persen dari sedikitnya 3.000 jumlah sekolah di Kalsel.

Apa merek ponsel itu? Dia menyebut Samsung Keystone E-1250. "Kalau dirupiahkan tidak sampai Rp 500 ribu per unit. Kami tidak membeli. Itu pemberian dari provider," tegasnya.

Kepala SMA PGRI 2 Banjarbaru, Arifin saat dihubungi belum mengetahui rencana itu. "Kalau memang ada, itu lebih efektif, efisien. Daripada manual agak ribet," ujar dia.

Meski baru di-launching pada April 2013, saat ini sebagian Kepala SD hingga SLTA di Tabalong sudah mendapatkannya. Pasalnya, daerah itu menjadi pilot project pemberlakuan kebijakan itu.

"Secara bertahap semua akan mendapat," kata Kadisdik Tabalong, H Erwan.

Menurut sejumlah Kepsek yang sudah menerima, di ponsel itu ada kode khusus dan program yang membuatnya tidak bisa digunakan secara sembarangan. Di antara mereka ada yang menggunakan dana BOS (bantuan operasional sekolah) untuk membayar biaya abonemen (langganan) Rp 75 ribu per bulan.

Kepala SMAN 2 Tanjung, A Muzakir mengaku terbantu oleh HP itu karena bisa secara mudah berkomunikasi dengan LPMP, Disdik, pengawas dan Kepsek lain.

Secara terpisah, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Banjarmasin, Mundhofir mengaku belum mengetahui giliran pembagian HP gratis di Banjarmasin.

"Yang pasti kebijakan itu sangat berguna bagi LPMP untuk mengetahui perkembangan guru," ucap dia.

Kepada koran ini, Sekretaris Disdik Kalsel, H Amka mengatakan bagi-bagi ponsel itu kebijakan LPMP pusat.

"Mengingat itu kebijakan pemerintah pusat, kami tidak mengetahuinya secara persis. Dananya mungkin dari APBN," tegasnya.

Menurut Amka, pembagian HP buat kepala sekolah dan pengawas di daerah pinggiran dan terpencil memang diperlukan. "Itu untuk mempermudah komunikasi dan memberikan informasi secara cepat dan efektif. Namun, untuk Kepsek dan pengawas di perkotaan mungkin tak diperlukan, karena mereka pasti sudah memiliki HP," ujar dia.

Menyikapi itu, pengamat pendidikan dari Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Ersis Warmansyah Abbas mengatakan adalah suatu keanehan jika penilaian cukup dilaporkan melalui handphone. Pelaporan penilaian setidaknya dilakukan secara fisik dan faktual.

"Tetapi memang perlu cara baru untuk meningkatkan kualitas pengajar. Yang terpenting, akan menjadi bahaya jika suatu kebijakan lebih mementingkan keuntungan. Juga harus selalu dilakukan evaluasi. Jika tidak efektif, jangan ragu menghentikan," tegas Ersis. (lis/ful/dia/dny)

Ini Quotes nya

"Jadi ibaratnya
hanya membeli
server lalu
diberi hadiah
HP. Hadiah itu
yang dibagikan"
ABDUL KAMIL
Kepala LPMP Kalsel

Editor :Ana Shofiana Syatiri


12.03 | 0 komentar | Read More

Mayat Bayi Dalam Tas Mengapung di Laut

ilustrasi bayi tewas - rimanews.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Candra (13) sedang asyik memancing di Teluk Kendari, Jalan H Alala, Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Tiba-tiba, dia melihat tas mengapung yang ternyata berisi mayat bayi laki-laki.

"Saya sementara memancing ada tas warna hitam mengapung di laut, penasaran lalu ambil tasnya kemudian saya bawa ke darat. Saat saya buka tasnya, ada toples berisi ari-ari dan ada kantong plastik. Lalu saya buka kain bungkusan warna putih, ternyata isinya mayat bayi," ujar Candra, Jumat (29/3/2013).

Candra yang kaget menemukan mayat bayi langsung berteriak meminta tolong. Warga sekitar dan pengendara di jalan yang mendengar teriakan tersebut langsung mendatanginya.

Tak berselang berapa lama, polisi datang. Mayat bayi tersebut kemudian dibawa petugas dari Polsek Kemaraya ke RS Bayangkara Kendari.

Kanit Reskrim Polsek Kemaraya Aiptu Supratman mengatakan, saat ini pihaknya masih mengembangkan serta menyelidiki kasus tersebut untuk mengetahui orangtua bayi itu.

"Diperkirakan bayi itu berumur satu hingga empat hari. Ada kemungkinan bayi itu hasil hubungan gelap," terang Supratman.

Penemuan mayat bayi di Teluk Kendari sudah terjadi dua kali sepanjang Maret ini. Sebelumnya, mayat bayi perempuan dalam tas hitam ditemukan seorang pemulung di bawah pohon bakau di kawasan Teluk Kendari, Selasa (19/3/2013).


12.03 | 0 komentar | Read More

Pusat Perbelanjaan Sepi Pengunjung

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Perayaan paskah di Palangkaraya, Kalimantan Tengah dalam tahun 2013 ini berjalan dengan aman dan lancar. Jika di kompleks pemakaman nasrani ramai di kunjungi warga yang ingin melakukan ritual paskah.

Namun tidak demikian dengan suasana di beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Kota Cantik Palangkaraya. Pantauan sejak Jumat kemarin hingga Sabtu hari ini keramaian hanya terlihat di kompleks pemakaman umat nasrani.

Tidak demikian dengan beberapa pusat perbelanjaan yang ada di ibu kota Kalimantan Tengah ini, sejak Jumat kemarin hingga Sabtu hari ini terlihat sepi pengunjung, seperti yang terpantau di Palangkaraya mal dan &Hypermart yang ada di jalan Yos Soedarso.

Beberapa pengunjung pusat perbelanjaan mengatakan, sepinya pusat perbelanjaan itu, sudah biasa terjadi saat liburan paskah."Warga terutama umat nasrani kan dalam beberapa hari ini fokusnya ziarah kubur jadi pusat perbelanjaan sepi," kata Anggai salah satu warga Palangkaraya.


12.03 | 0 komentar | Read More

Banjarbaru Menjadi Inspirasi Meningkatkan Minat Baca

BANJARMASINPOST.CO.ID - Gelaran pameran buku terbesar dan pertama kali dilaksanakan di wilayah Indonesia Timur, dibuka langsung oleh, Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan, Sabtu (30/3/2013).

Hadir di Deputi Pengembangan Perpusnas RIWoro Titi Sularsih, Wali Kota Banjarbaru, Ruzaidin Noor, sekertaris Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Husni Syawi, dan media support yang dihadiri jajaran petinggi Banjarmasin Post.

Sebelum dilakukan pemotongan pita yang menandakan resminya pergelaran acara oleh wakil gubernur, Husni Syawi pada sambutannya menerangkan penghargaan bagi para pendukung baik pemerintah dan media yang mendukung acara itu.

"Sangat pantas dan memang patut untuk diberi penghargaan. Luar biasa meriahnya," ujar Husni Sawi.

Dia berharap, Banjarbaru bisa menjadi pioner dan menginspirasi untuk membangun minat baca warga di daerah daerah lain.

"Kami berharap bisa dikembangkan dan diadakan di daerah lainnya," ujarnya.


12.03 | 0 komentar | Read More

SDN Semangat Dalam 2 Penyelenggara Pendidikan Inklusif

BANJARMASINPOST.CO. MARABAHAN - SDN Semangat Dalam 2 Kecamatan Alalak ditetapkan sebagai sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Menurut Kepsek SDN Semangat Dalam 2 Ny Rusnani, pihak pada tahun ajaran 2013-2014 akan dimulai penerimaan siswa inklusif.

Karenanya, sebelum dilaksanakan pihak sekolah melakukan sosialisasi penyelenggaraan pendidikan inklusif, Sabtu (30/3) kepada para wali murid dan jajaran pendidikan di SDN Semangat Dalam 2.

Sosialisasi dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Batola Sumarji.

Menurut Kadis, idealnya setiap kecamatan ada sekolah penyelenggara pendidikan. Sebab, katanya, tidak mungkin anak yang berkebutuhan khusus (ABK) yang ada di Tamban harus sekolah di SDN Semangat Dalam 2.

Sekolah penyelenggara pendidikan Inklusif diharuskan menerima anak yang berkebutuhan khusus. Hanya saja, penerimaan sesuai dengan kuota yang ditetapkan pihak sekolah.


12.03 | 0 komentar | Read More

Tapin Tanam 7.000 Trambesi

Written By wartini cantika on Jumat, 29 Maret 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bupati Tapin HM Arifin Arpan akan membuat gebrakan baru dengan menghijaukan Kabupaten Tapin dengan menanam 7.000 pohon.

Titik penamanam pohon tersebut mulai perbatasan Tapin dengan Kabupaten Banjar, tepatnya di Desa Tungkap Binuang hingga masuk ke dalam kota Rantau.

Sepanjang jalan yang berjarak 30 kilometer itu benar-benar akan dihijaukan Arifin Arpan yang baru satu bulan ini menjadi bupati Tapin.

Keinginan menghijaukan Tapin itu tidak hanya sekadar niat dan impian tapi benar-benar akan diwujudkan, buktinya bibit pohon trambesi, angsana dan mahoni sudah dipersiapkan.

"Kami sudah menyiapkan bibit pohon angsana, trambesi dan mahoni sejumlah 7000 pohon," kata Kadis Kehutanan dan Perkebunan Tapin, H Rusnadi kepada Bpost, Jumat(29/3)

Menurut Rusnadi penanaman perdana penghijauan itu akan digelar pada Rabu (10/4) mendatang yang dipusatkan di Desa Tatakan Tapin Selatan.

Dari 7.000 pohon itu, akan didominasi jenis pohon trambesi, sebab trambesi lebih rindang dan daya serap terhadap debu dan polusi udara sangat bagus.


12.03 | 0 komentar | Read More

Dewi Perssik Kirim Foto Seksi untuk Kekasih

Penyanyi dangdut yang juga aktris film seksi, Dewi Muria Agung atau yang lebih dikenal dengan nama Dewi Perssik - tribunnews.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dewi Perssik kembali membuat sensasi. Kali ini, pedangdut seksi asal Jember, Jawa Timur itu mengirimkan foto dirinya yang hanya mengenakan pakaian dalam pada akun @Zionputra, pria yang selama ini diakui sebagai kekasihnya.
 
Dalam foto itu, terlihat sekali DP, begitu ia disapa, seperti menggoda Zion dengan berpose memperlihatkan belahan dadanya. Apalagi ia berkicau "bangun tidur kuteru...," tulis Depe dengan nama akun @dewiperssik12 ini.

Twitt bernada nakal itu pun langsung ditanggapi Zion. Tak pelak, foto ini pun bisa dilihat oleh semua follower-nya karena diunggah di media sosial.
 
Belakangan, mantan istri Saipul Jamil ini memang mengaku tengah berpacaran dengan Zion. DP menerangkan bahwa Zion saat ini tinggal di Malaysia.


12.03 | 0 komentar | Read More

Tanpa Abraham KPK Tamat

Abraham Samad. - TRIBUNNEWS/HERUDIN

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA -  Ada upaya keras dan sistematis untuk membungkam dan mengerdilkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Setelah berbagai upaya dari luar berhasil digagalkan, kini skenario pembungkaman KPK dilakukan dari dalam.
 

Rekayasa skandal sprindik (surat perintah penyidikan) KPK untuk Anas Urbaningrum yang diserbar ke publik antara lain oleh orang Istana, awal Februari lalu, merupakan bagian dari skenario licik itu.
 
Tidak ada keraguan sedikitpun bagi saya untuk menyatakan bahwa skandal beredarnya sprindik KPK aspal itu akan diarahkan untuk menembus jantung KPK: Abraham Samad. Sebab meskipun secara organisasi keputusan KPK kolektif kolegial, tapi unsur Abraham Samad menjadi kunci keberanian KPK membidik korupsi di pusat kekuasaan.
 
Selain meningkatkan status skandal rekayasa bailout Bank Century yang merugikan keuangan negara Rp 6,7 triliun, Samad juga memainkan peran sangat penting dalam pemberantasan korupsi yang melibatkan tokoh-tokoh sentral di Partai Demokrat binaan Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Presiden RI.
 
Saya percaya, oleh Komite Etik (KE) yang memeriksa kasus ini, sprindik aspal KPK itu akan dihunjamkan ke dada Samad. Sebab dari 5 anggota KE, dua tidak steril dari kasus Century, dua lagi tidak steril dari kekuasaan Istana, dan hanya satu yang betul-betul netral.
 
Padahal kita tahu, tanpa Samad, nasib KPK bisa tamat. Karena akan kehilangan trust masyarakat. Atau KPK berubah menjadi kucing, yang hanya bisa menakut-nakuti tikus kampung yang kecil. Padahal koruptor di negeri ini dari jenis beruang dengan kaki dan tangan bercakar kuat dan tajam.
 
Maka masyarakat sipil yang rindu penumpasan komplotan beruang ganas itu, tidak boleh membiarkan hal ini terjadi. Save Samad. Save KPK…!!


12.03 | 0 komentar | Read More

Pol PP Bantu Panwaslu untuk Tertibkan Baliho

Razia-PNS.jpg

Ilustrasi : Aparat Satpol PP Palangkaraya saat menggelar razia PNS, Rabu (19/4/2012).(Mustain Khaitami/BPost)

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kasat Pol PP Pemko Palangkaraya, Frank Welafubun, Jumat (29/3) mengatakan, dalam pelaksanaan Pemilu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang akan di gelar 5 Juni 2013 mendatang, akan turut berpartisipasi dalam pengamanan.

Menurut dia, pihaknya sudah menyiapkan personil pasukan satuan polisi pamong praja hingga mencapai 185 orang untuk turut membantu tidak secara langsung dalam pengamanan pelaksanaan Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangkaraya mendatang.

"Kami memang tidak secara langsung dalam membantu pengamanan itu, karena pengamanan untuk Pol PP hanya membantu Panswaslu jika ada masalah terutama dalam penertiban baliho yang tidak sesuai aturan atau melanggar aturan dalam masa kampanye," katanya


12.03 | 0 komentar | Read More

7.000 Pohon Trambesi, Angsana dan Mahoni Hijaukan Tapin

Bupati-tapin-tanam-pohon.jpg

Bupati Tapin Arifin Arpan tanam pohon di Desa Tebing Tinggi. Kecamatan Bungur belum lama ini.(Ibrahim A/BPost)

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan akan membuat gebrakan baru dengan menghijaukan Kabupaten Tapin dengan menanam 7.000 pohon.
 
Titik penamanam pohon tersebut mulai perbatasan Tapin dengan Kabupaten Banjar, tepatnya di Desa Tungkap Binuang hingga masuk ke dalam kota Rantau.
 
Sepanjang jalan yang berjarak 30 kilometer itu benar-benar akan dihijaukan Arifin Arpan yang baru satu bulan ini menjadi bupati Tapin.
 
Keinginan menghijaukan Tapin itu tidak hanya sekadar niat dan impian tapi benar-benar akan diwujudkan, buktinya bibit pohon trambesi, angsana dan mahoni sudah dipersiapkan.
 
"Kami sudah menyiapkan bibit pohon angsana, trambesi dan mahoni sejumlah 7.000 pohon," jelas Kadis Kehutanan dan Perkebunan Tapin, H Rusnadi kepada Bpost, Jumat(29/3).
 
Menurut Rusnadi penanaman perdana penghijauan itu akan digelar pada Rabu (10/4) mendatang yang dipusatkan di Desa Tatakan Tapin Selatan.
 
Dari 7.000 pohon itu, akan didominasi jenis pohon trambesi, sebab trambesi lebih rindang dan daya serap terhadap debu dan polusi udara sangat bagus, jelas Rusnadi


12.03 | 0 komentar | Read More

DP Kirimi Kekasih Barunya Foto Seksi

Penyanyi dangdut yang juga aktris film seksi, Dewi Muria Agung atau yang lebih dikenal dengan nama Dewi Perssik - (Tribun Jakarta/Jeprima)

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA -- Dewi Perssik kembali membuat sensasi. Kali ini, pedangdut seksi asal Jember, Jawa Timur itu mengirimkan foto dirinya yang hanya mengenakan pakaian dalam pada akun @Zionputra, pria yang selama ini diakui sebagai kekasihnya.
 
Dalam foto itu, terlihat sekali DP, begitu ia disapa, seperti menggoda Zion dengan berpose memperlihatkan belahan dadanya. Apalagi ia berkicau "bangun tidur kuteru...," tulis Depe dengan nama akun @dewiperssik12 ini.

Twitt bernada nakal itu pun langsung ditanggapi Zion. Tak pelak, foto ini pun bisa dilihat oleh semua follower-nya karena diunggah di media sosial.
 
Belakangan, mantan istri Saipul Jamil ini memang mengaku tengah berpacaran dengan Zion. DP menerangkan bahwa Zion saat ini tinggal di Malaysia.
 

Sumber : www.tabloidnova.com


12.03 | 0 komentar | Read More

Tiga pasangan Calon Debat Publik

Written By wartini cantika on Kamis, 28 Maret 2013 | 12.03

Pilkada Kabupaten HSS

Tiga pasangan calon kepala daerah Hulu Sungai Selatan (HSS) saat mengikuti debat publik kandidat, Kamis (28/3/2013). - Syaiful Akhyar

Baca Juga

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kampanye tiga pasangan calon kepala daerah Hulu Sungai Selatan (HSS) hari ini terfokus pada gelar debat publik kandidat.

Hadir secara lengkap tiga pasangan calon, H Husaini-H Muhyani Rizalie, H Achmad Fikry-H Ardiansyah, H Muchran B-Abdul Kadir Ahmadi.

Pelaksanaan debat berlangsung di Pendopo Kabupaten HSS. Hadir tiga orang panelis pakar akademisi yang mengupas tajam visi misi para kandidat.

Panelis yang dihadirkan, H Suriansyah MPd yang akan mengupas bidang pendidikan, Prof Dr Ir Abdullah Mursyid bidang pertanian, Prof Hafiz Ansari bidang Agama dan Prof Dr H Sutarto sebagai moderator.

"Ketiganya para pakar Unlam dan IAIN Banjarmasin. Para penelis ini nantinya menguji kekuatan visi, misi dan program sehingga menjadi bahan masukan pilihan masyarakat HSS," jelas Ketua KPU HSS, Imron Rosyadi.

Pasangan calon memaparkan visi misi dan kemudian mendapat pertanyaan dari tiga panelis setelah itu lanjut sesi pertanyaan dari pasangan calon lain dan memberikan pernyataan penutup.


12.03 | 0 komentar | Read More

Dua Motor Ikut Hangus Terbakar

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api dari bangunan milik Masun di Jalan A Yani Kilometer 21, Banjarbaru, seberang kompi senapan A 623, Liang Anggang, Kamis (28/3/2013). - Nurholis Huda

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kebakaran yang terjadi di Jalan A Yani Kilometer 21, Banjarbaru, seberang kompi senapan A 623, Liang Anggang, mengakibatkan kemacetan dari jalur arah Banjarbaru ke Banjarmasin, Kamis (27/3).

Dari pengamatan, perlambatan arus lalulitas itu, sampai setengah kilometer. Sementara api yang berkobar telah berhasil dijinakkan oleh petugas pemadam.

Warga begitu banyak menyaksikan, puing puing kebakaran yang melahap bangunan milik Masun yang disewakan untuk usaha jasa travel dan gudang.

Masun, yang pensiunan PNS TNI dan juga ketua RW 02 menyatakan ketika kebakaran, dirinya berada di dalam tepatnya di belakang travel.

"Aku dengar ada yang teriak api. Lalu aku keluar rumah. Aku lihat api sudah besar dari gudang garasi motor," ujar Masun, Kamis (27/3).

Masun masih belum tahu asal api. Namun diperkirakan akibat kejadian itu kerugian mencapai jutaan rupiah. Sebab setidaknya dua kendaraan dan mesin pemotong rumput ikut terbakar. "Ada dua motor juga habis kebakar. Kalau anggota keluarga kebetulan tak ada di rumah. Aku dan istriku saja di dalam rumah. Lalu tadi warga dan anggota membantu menyelamatkan barang barang di rumah," ujar Masun.


12.03 | 0 komentar | Read More

Ketua Muhammadiyah Kotim Sanksi Kesiapan Embarkasi Tjilik Riwut

haji.jpg

()

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Ketua Cabang Muhammadiyah Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit, Kalimantan Tengah, H Akhmal Thamroh, menyangsikan pemindahan embarkasi haji dari Banjarmasin dan Solo ke embarkasi Antara Tjilik Riwut yang ditargetkan Pemprov Kalteng bisa dilaksanakan pada 2013 ini.

Menurut Mantan Anggota DPRD Kotim ini, Kamis (28/3/2013) hingga saat ini dia masih belum melihat persiapan matang dari pemerintah dan panitia pemberangkatan jemaah haji Kalteng terkait persiapan, untuk menjadikan semua sarana dan prasarana untuk menjadikan Bandara Tjilik Riwut membarkasi antara.

"Banyak yang harus dipersiapkan untuk menjadikan Bandara Tjilik Riwut sebagai embarkasi antara tersebut. Bukan hanya dari segi kesiapan bandaranya atau dana untuk pemberangkatan jemaah haji, tetapi termasuk kesiapan pesawat yang membawa calhaj, dan asrama serta syarat-syarat lainnya yang menjadi keharusan untuk menjadikan Tjilik Riwut sebagai bandara embarkasi antara tersebut," katanya.


12.03 | 0 komentar | Read More

Bangunan Liar di Bawah Jembatan Dewi Dibongkar

Aparat Satpol PP Banjarmasin membongkar bangunan liar di bawah Jembatan Dewi, Kamis (28/3/2013). - Restudia

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pembongkaran bangunan liar kembali dilakukan jajaran Pol PP Banjarmasin. Kali ini, bangunan liar di bawah jembatan Dewi jadi sasaran penertiban.
    
Bangunan kayu yang disinyalir ditempati sebagai tempat tinggal pemulung dibongkar habis. Dengan berbagai alat satu per satu kayu bangunan dihancurkan.

Berbagai peralatan rumah tangga, seperti kursi, ember, jeriken, dan baju-baju yang ada di dalam bangunan turut dihancurkan.

Pada penertiban kali ini, tak ada satupun pemilik bangunan liar yang terlihat.

Kasi Penyidikan dan Penyelidikan Pol PP, Iwan Wahyudi mengatakan semua bangunan liar yang ada di bawah jembatan akan ditertibkan.

"Semua bangunan liar di bawah jembatan kita bersihkan," ujarnya.


12.03 | 0 komentar | Read More

Bangunan Seberang Kompi Senapan A Terbakar

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api dari bangunan milik Masun di Jalan A Yani Kilometer 21, Banjarbaru, seberang kompi senapan A 623, Liang Anggang, Kamis (28/3/2013). - Nurholis Huda

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kebakaran terjadi di Jalan A Yani Kilometer 21, Banjarbaru, seberang kompi senapan A 623, Liang Anggang. Api melahap habis satu bagunan, milik, Masun (60), Kamis (27/3).

Warga begitu banyak menyaksikan, tatkala pemadam berjibaku memadamkan api. Kebakaran di rumah yang berada di samping jalan ini dengan mudah dipadamkan, karena petugas pemadam cepat datang.

Saat ini, belum diketahui, asal dari apa. Meski api telah padam, petugas saat ini masih terus melakukan pembasahan.


12.03 | 0 komentar | Read More

Dahri: Guru Jangan Selalu Minta Hak

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tapin menggelar konfrensi kerja III, di Gedung Pelatihan Guru Tapin, Kamis (28/3/2013).

Pada kesempatan itu, Ketua PGRI Kalsel H Dahri meminta guru jangan selalu meminta hak berupa tunjangan, tetapi profesionalisme dan mutu guru terabaikan.

Sebab berdasar hasil penelitian bank dunia, kata H Dahri, tunjangan sertifikasi guru sangat sedikit pengaruhnya terhadap peningkatan mutu guru.
    
Karena itu, H Dahri meminta para guru untuk menyisihkan tunjangan sertifikasi untuk peningkatan peningkatan mutu, misalnya membeli buku, koran dan dan yang menunjang peningkatan mutu.
   
H Dahri kagum dengan PGRI Tapin sebab memiliki gedung PGRI sendiri yang dibangun atas swadaya para guru.
    
Wakil Ketua PGRI Tapin, Ir Sani mengatakan konferensi kerja PGRI Tapin ini untuk mengevaluasi kerja tahun lalu dan menetapkan program kerja ke depan.
    
Hadir dalam acara itu Wabup Tapin Ir Sufian Nor. Dalam sambutannya, Sufian Nor mengatakan untuk memajukan pendidikan Pemkab berusaha menganalisa permasalahan pendidikan setiap kecamatan. Setelah diketahui masalahnya, lalu dicarikan solusinya.


12.03 | 0 komentar | Read More

Facebook Bakal Dibanjiri Iklan

Written By wartini cantika on Rabu, 27 Maret 2013 | 12.03

facebook.jpg

facebook(web)

BANJARMASINPOST.CO.ID - Facebook akan memperluas sistem iklan sebagai upaya mendapat penghasilan lebih. Kali ini, jejaring sosial internet terbesar itu akan menampilkan iklan di News Feed.

Sebelumnya, Facebook hanya menampilkan iklan produk atau informasi lain di sisi kanan halaman, yang dilacak berdasarkan kunjungan pengguna di masa lalu. Nah, iklan yang bakal ditampilkan di dalam News Feed ini disebut Facebook Exchange.

Facebook mengatakan, iklan di News Feed ini akan muncul pertama kali di versi komputer pribadi, tetapi tidak pada perangkat mobile.

"Desktop lebih sejalan dengan FBX (Facebook Exchange) yang secara efektif menampilkan iklan di sisi kanan. Kami juga menemukan bahwa desktop adalah tempat di mana banyak orang mengkonversi dan langsung merespon iklan yang dilihatnya," ujar juru bicara Facebook, Elisabeth Diana, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (26/3/2013).

Facebook akan menguji layanan iklan terbarunya kepada mitra dan sejumlah pengguna terbatas, dan rencananya akan diperluas dalam beberapa pekan mendatang.

Pendapatan terbesar Facebook selama ini datang dari iklan, yang menyumbang 84 persen dari total pendapatan pada 2012.

Jika iklan di News Feed efektif, tak menutup kemungkinan Facebook akan menampilkannya di perangkat mobile. Facebook tentu akan tergiur untuk melakukannya, karena tren teknologi sedang bergeser ke arah mobile.

Data bulan Desember 2012, mencatat, sekitar dua-pertiga pengguna Facebook mengakses layanan dari perangkat mobile. Tapi di sisi lain, iklan di News Feed itu akan mengganggu ruang pengguna, apalagi di ponsel pintar berlayar kecil.


12.03 | 0 komentar | Read More

Kejati Setop Telisik Kasus Pembangunan Kantor Baru Kemenag Kalsel

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pengumpulan data dan keterangan terhadap ketidakberesan rencana pembangunan kantor baru Kanwil kemenag Kalsel disetop pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalsel.

Berdasarkan pengumpulan data, Kejati menilai hanya ditemukan kesalahan administrasi saja.

Kasi Penkum Kejati Kalsel Erwan Suwarna mengatakan pihak Kemenag Kalsel mengembalikan uang ke kas negara sebagai pemulihan atas adanya kesalahan administrasi tersebut.

"Sehingga kasus tersebut tidak dapat diduga suatu tindak pindana korupsi karena tidak ada kerugian keuangan negara sebagaimana yang diamanatkan di dalam UU Tipikor," ujar dia.

Fakta seperti itu ujar Erwan sudah jelas bukan suatu tindak pidana korupsi.

"Beda halnya jika uang yang dikembalikan setelah adanya penyelidikan sehingga unsurnya memperkaya diri sendiri dan orang lain tidak ada," tandas dia.


12.03 | 0 komentar | Read More

Unpar Siap Bikin Kurikulum Kependudukan

Rektor Universitas Palangkaraya, Hendry Singaraca - Faturrahman

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Rektor Universitas Palangkaraya, Hendry Singaraca, mengatakan, pihaknya mendukung penuh program BKKBN Kalteng yang melibatkan mahasiswa Universitas Palangkaraya menyosialisasikan masalah kependudukan di Kalteng.

Bahkan kata dia, rencana BKKBN Kalteng yang meminta agar Unpar membuka kurikulum pendidikan soal kependudukan untuk melakukan penelitian tentang kependudukan di Kalteng juga akan ditindaklanjuti pihaknya.

"Kami siap membantu, jika memang lembaga penelitian yang ada pada kami maupun mahasiwa kami, diminta untuk ikut membantu BKKBN maupun koalisi kependudukan dalam hal sosialisasi maupun meneliti soal kependudukan, bahkan usulan BKKBN agar Unpar membuat kurikulum soal kependudukan pun akan kami respons," katanya, Rabu (27/3).


12.03 | 0 komentar | Read More

Upacara Galungan Basarang Meriah

hari-raya-galungan.jpg

Ilustrasi- net

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS- Upacara memperingati hari Raya Galungan oleh umat hindu di Basarang, Kabupaten Kapuas berlangsung meriah, Rabu (27/3/2013).

Sejak pagi, tua muda sampai anak-anak memadati Pura Jagatnatha, di Jalan Trans Kalimantan kilometer 9, Kecamatan Basarang Kapuas.

Sebelum acara sembahyang dimulai, ratusan orang yang duduk di dalam pura mendengarkan ceramah dari pendeta setempat. Sementara beberapa pecalang berjaga-jaga di luar pura, sambil menunggu kendaraan yang diparkir di sepanjang jalan Basarang.


12.03 | 0 komentar | Read More

Wartawan Kalteng Turun ke Jalan

Wartawan Palangkaraya menggelar aksi solidaritas mengecam pemukulan wartawan dan penyerangan Kantor TVRI Gorontalo, Rabu (27/3/2013). - Mustain Khaitami

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Penyerangan stasiun TVRI Gorontalo dan penganiayaan terhadap wartawannya, menuai protes dari banyak kalangan. Aksi itu juga membuat para kuli disket di Kota Palangkaraya bereaksi, Rabu (27/5).

Tidak hanya mengecam. Aksi yang diikuti sekitar 50 wartawan itu juga mengutuk kejadian tersebut, karena dianggap sebagai sebuah upaya pembungkaman terhadap kebebasan pers untuk memyampaikan kebenaran.

"Kebebasan pers tidak boleh dibungkam. Selama ini pers Indonesia masih berjalan seauai koridornya dan jangan sampai itu dilanggar," seru Wakil Ketua Bidang Pembelaan PWI Cabang Kalteng yang juga koordinator aksi, Ririn Binti.

Aksi solidaritas berlangsung di kawasan Bundaran Besar Palangkaraya. Sejumlah aparat kepolisian dikerahkan untuk mengamankan kegiatan.


12.03 | 0 komentar | Read More

Polres Tanbu Siagakan 170 Personel Dalmas

BANJARMASINPOST.CO.ID, ANGSANA - Kepolisian Resort Tanahbumbu (Polres Tanbu) menyiagakan 170 personel pasukan pengendalian massa (Dalmas) di halaman Polsek Angsana, Rabu (27/3/2013).

Keberadaan pasukan Dalmas itu mengantisipasi eskalasi proses eksekusi lahan seluas dua ribu hektare yang dieksekusi panitera perdata Pengadilan Negeri Batulicin.

"Kita menempatkan pasukan di mako Polsek. Apabila terjadi perlawanan dengan jumlah yang besar, maka pasukan digeser ke wilayah lahan yang dieksekusi," ujar Kepala Bagian Operasi Polres Tanbu, AKP M Gafur Aditya Siregar.

Pelaksanaan Eksekusi lahan yang dikuasai perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Sajang Heulang Group Minamas. Itu setelah PT Anjawara Satria, perusahaan pertambangan batu bara memenangkan perkara sengketa lahan.

Perkara perdata sengketa lahan itu bergulir lebih dari satu tahun karena kedua belah pihak saling mengajukan perlawanan hingga di tingkat Mahkamah Agung.

"Eksekusi lahan itu antara PT Sajang Heulang dengan PT Anjawara dan dimenangkan PT Anjawara," ujar Wakil Ketua Pengadilan Negeri Batulicin, Heru Kuntjoro.

Sehari sebelum perintah eksekusi dilakukan, informasi dihimpun BPost Online, aksi damai dilakukan sejumlah warga di lahan tersebut.

Sebab, warga meyakini PT Sajang Heulang memenangkan perkara di atas lahan sengketa tersebut di tingkat Pengadilan Tata Usaha Negara.


12.03 | 0 komentar | Read More

Yamaha Fino Injeksi Lebih Genit

Written By wartini cantika on Selasa, 26 Maret 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID - Yamaha Motor Company Limited meluncurkan generasi kedua Fino di Thailand, kemarin (25/3/2013). Skutik retro moderen ini tampil lebih genit dengan permainan warna centil, magenta, putih, hitamdan biru.

Penbampilan Fino juga lebih segar. Lampu depan kini lebih condong ke luar, terkesan memakai kupluk, membentuk wajik yang landai. Lampu sein kini tidak bulat lagi, juga menyerupai wajik ramping dengan mika transparan dan bohlam oranye. Speedometer masih lama, nama diberi bingkai sewarna dengan bodi. Indikator bensin yang dirancang senada dengan speedometer.

Bagian belakang terkesan lebih ramping. Lampu belakang kini diberi garnish krom di bagian atas denngan sein berbentuk wajik, sama seperti di tameng depan. Untuk mesin yang berkapasitas 115 cc kini menggunakan teknologi injeksi.

Di Thailand, penjualan Fino memimpin segmen skuter retro mengalahkan Honda Scoopy yang sudah menggunakan mesin injeksi sejak tahun lalu.


12.03 | 0 komentar | Read More

Teras Hadir di HUT Hari Jadi Kapuas

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Peringatan hari jadi dan HUT Kapuas dilaksanakan secara sederhana dan kegiatan itu dihadiri langsung Gubernur Kalteng Agustin Teras Nanang, Selasa (26/3/2013) pagi.

Menurut gubernur, Kapuas saat ini dalam kondisi aman dan kondusif. Gubernur meminta masyarakat jangan mudah terptovokasi dengan pengaruh-pengaruh yang tidak jelas.

Pegang teguh budaya Huma Betang. Dalam HUT itu dihadiri ratusan undangan."Kita mengalang kesatuan dan persatuan. Kita menolak bentuk provokasi yang menganggu ketertiban dan keamanan masyarakat kapuas,"ungkap gubernur.


12.03 | 0 komentar | Read More

Bupati Lantik Kades di Pelabuhan

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bupati Tapin  HM Arifin Arpan melantik enam kades yang digelar di Pelabuhan Margasari Kecamatan Candi Laras Selatan (CLS) Kabupaten Tapin, Selasa (26/3/2013) pagi.

Karena lokasi pelantikan itu di Pelabuhan Margasari sehingga suasana lebih sejuk karena pelabuhan itu berada di atas sungai.

Menurut Camat CLS, Abdul Hadi dipilihnya pelabuhan sebagai tempat pelantikan karena suasananya sejuk, terbuka dan masyarakat dapat menyaksikan acara sakral itu. Selain itu, kata Abdul Hadi, pelabuhan itu memang sekaligus ruang serba guna.

Kades yang dilantik itu tidak hanya kades yang berada di wilayah Kecamatan CLS, tapi juga di luar CLS. Kades yang dilantik tersebut yaitu Ruslan Kades Sungai Rutas, Syuria Effendi Kades Margasari Hulu, Fathurahman Kades Matang Batas, Ilan Kades Hatungun, Hafiz Fahmi. Kades Pualam Sari dan Januruddin Kades Sungai Salai.

Dalam acara itu Bupati Tapin juga memberikan tali asih berupa uang kepada 6 kades yang purna tugas sejumlah Rp 5 juta setiap mantan kades. Bupati juga menyerahkan komputer kepada 12 desa yang berhasil juara dalam lomba desa.

Hadir dalam acara pelantikan itu muspida Tapin di antaranya Kapolres Tapin AKBP Namora dan Kejari Rantau Afanie, kepala dinas, dan tokoh masyarakat.


12.03 | 0 komentar | Read More

Mahasiswa Diajak Sosialisasikan KB

bkkbn.jpg

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Tengah, melakukan sosialisasi tentang masalah kependudukan di hadapan para Mahasiswa Universitas Palangkaraya, Selasa (26/3/2013).- Faturrahman

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Tengah, melakukan sosialisasi tentang masalah kependudukan di hadapan para Mahasiswa Universitas Palangkaraya dengan harapan nantinya saat melakukan kegiatan KKN turut membantu dalam mensosialisasikan program KB dan masalah kependudukan kepada masyarakat.

Kepala BKKBN Kalteng, Kusnadi, dalam acara sosialisasi dan desiminasi Fapsedu dan koalisi kependudukan bagi pengurus dan Kepala SKPD- KB Kabupaten dan Kota se-Kalteng, Selasa (26/3) di Aula Gedung Rektorat Universitas Palangkaraya tersebut mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengontrol ledakan penduduk.

"Hasil sementara penelitian di Kalteng, rata-rata jumlah anak yang dimiliki oleh satu keluarga berkisar antara 2 sampai 3 orang anakm Poisisi Kalteng dalam peningkatan jumlah penduduk saat ini merupakan terendah dari 33 Provinsi di Kalteng," katanya.

Kegiatan yang dilakukan BKKBN dalam sosialisasi di Unpar tersebut terutama untuk meningkatkan peran serta tokoh agama dan pemuka masyarakat serta semua satuan kerja perangkat daerah dan mahasiswa untuk turut membantu membangun suasana keluarga yang harmonis, dan menjauhi dari hal-hal yang bisa merusak kebersamaan dalam keluarga sehingga terjauh dari peyakit kelamin dan narkoba juga HIV Aids.


12.03 | 0 komentar | Read More

Kompas Gramedia Akan Bikin Holding

Ekspresi Presiden Komisaris PT Dyandra Media International Tbk Agung Adiprasetyo, Direktur Operasional PT Dyandra Media International Tbk Danny Budiharto, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia Uriep Budhi Prasetyo, dan Presiden Direktur PT Dyandra Media International Tbk Lilik Oetama (dari kiri), setelah Dyandra (DYAN) tercatat sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (25/3/2013). - KOMPAS Images/ KOMPAS/HERU SRI KUMORO

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo mengatakan Kompas Gramedia akan membuat holding untuk anak usahanya. Hal ini akan memperlancar kegiatan bisnis di masing-masing unit bisnisnya.

"Holding ini masih dalam tahap kajian. Harapannya pada pertengahan tahun ini bisa selesai," kata Agung saat ditemui Kompas.com selepas acara IPO Dyandra Media International di Gedung BEI Jakarta, Senin (25/3/2013).

Saat ini, Agung telah menunjuk konsultan Ernst & Young untuk mengkaji pembentukan holding Kompas Gramedia Group. Salah satu hasil kajiannya adalah mengelompokkan unit usaha Kompas Gramedia Group ke dalam kelompok media.

Misalnya kelompok media percetakan, media cetak, media elektronik, infrastruktur, hotel and hospitality, hotel, manufaktur dan bisnis lainnya. Dengan pengelompokan unit usaha tersebut, semua bisnis di bawahnya akan mampu dikelola secara mandiri dan diharapkan bisa berkembang sesuai visi misi bisnisnya.

"Kalau dulu kan bareng-bareng. Sekarang modal dan infrastrukturnya harus dipenuhi sendiri-sendiri. Sehingga diharapkan bisa mandiri," tambahnya.

Selain itu, dengan holding anak usaha tersebut, nantinya bisnis di antara anak usaha ini juga akan berjalan secara profesional. Contoh kasusnya adalah PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) yang ingin mengelola sendiri bisnis hotel di jaringan Amaris atau Santika. Pihak DYAN harus menyediakan dana sendiri untuk membeli lahan pembangunan hotel. Pihak Santika atau Amaris akan melakukan studi kelayakan baik lokasi maupun peluang tingkat okupansinya.

Saat ini, Dyandra akan membangun enam hotel setara Amaris di beberapa lokasi di Indonesia. "Nantinya Amaris atau Santika ini hanya sebagai operator saja. Sementara bisnis hotel tersebut dimiliki oleh Dyandra. Ini tidak akan mengganggu bisnis di dua anak usaha tersebut," tambahnya.

Dengan holding tersebut, nantinya Kompas Gramedia Group akan bisa melihat mana holding anak usaha yang siap melantai di bursa (IPO), khususnya di anak usaha nonmedia.

"Tapi kalau belum bagus, ya belum boleh IPO. Sampai kami yakin dan anak usaha itu memang layak IPO, baru kami izinkan untuk IPO," katanya.

Agung pernah mengatakan Toko Buku Gramedia akan melepas 20 persen saham ke publik dengan nilai Rp 1 triliun. Harapannya, IPO Gramedia ini bisa berlangsung di tahun depan. "Kami belum mau buru-buru karena perlu membereskan bisnis modalnya," katanya.


12.03 | 0 komentar | Read More

H Nurul Edy Karateker Bupati Kapuas

Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang - Faturahman

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Drs H Nurul Edy ditunjuk Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang sebagai caretaker Bupati Kapuas. Pernyataan itu dikemukakan langsung dalam upacara hari jadi dan HUT Kabupaten Kapuas, di Kapuas, Selasa (26/3) pagi dalam suatu upacara.

"Hari ini jabatan Bupati kapuas sudah berahir. Jadi mulai hari ini saya menunjuk saudara Nurul Edy sebagai caretaker Bupati Kapuas," ungkap Agustin Terang Narang.

Kepada wartawan, gubernur menyatakan penunjukkan Nurul Edy sudah dianggap wajar. Menurutnya sekda sudah cukup dan tak ada peraturan caretaker harus dari provinsi. "Penunjukkan ini sambil menunggu ada keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK)," ujarnya.


12.03 | 0 komentar | Read More

Messi Mulai Klop dengan Higuain

Written By wartini cantika on Minggu, 24 Maret 2013 | 12.03

Penyerang Barcelona, Lionel Messi. - kompas.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Lionel Messi mengungkapkan dirinya senang bisa bekerja sama dengan Gonzalo Higuain saat membawa Argentina menebas Venezuela 3-0 pada laga Grup Amerika Latin Pra-Piala Dunia 2014, Jumat (22/3/2013). Messi mengaku sudah saling memahami satu sama lain dengan Higuain.

Kedua pemain adalah aktor-aktor utama kemenangan tim Tango dalam pertandingan tersebut. Selain mencetak satu gol lewat titik putih, Messi juga sukses menjadi kreator dari sepasang gol yang ditorehkan Higuain

"Higuain pemain yang hebat karena dia telah mencetak banyak gol. Bermain dalam kebersamaan adalah sukacita besar di antara para pemain skuad Argentina. Tetapi, yang terpenting adalah untuk menang, tidak peduli siapa yang memberikan assist dan mencetak gol," ujar Messi.

"Kami tahu lawan akan coba menyerang kami setelah turun minum, tetapi kami mampu menguasai bola dan mencetak gol pertama kali. Ada celah terbuka setelah (gol pertama) itu. Kami juga bermain sabar," tambah pemain berusia 25 tahun tersebut.

Higuain pun memberikan pujian yang sama untuk Messi pada pertandingan tersebut. "Setiap kali Leo (Messi) ingin melakukan serangan, dia tahu aku memberikannya pilihan, seperti apa yang juga dilakukan Ezequiel Lavezzi," pujinya.

"Kami senang bisa mempersembahan kemenangan ini untuk suporter yang memenuhi stadion. Kami telah bermain baik dan memenangi beberapa pertandingan kandang," tutur Higuain.


12.03 | 0 komentar | Read More

Gaji PM Singapura Tertinggi du Dunia

koma-20121221-singapura.jpg

Icon Singapura(net)

BANJARMASINPOST.CO.ID - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mempertahankan posisinya sebagai kepala negara dengan gaji tertinggi di dunia. Data yang dirilis oleh Yahoo Singapura merilis 7 besar kepala negara berpenghasilan tertinggi. Lee yang memimpin negeri jiran sejak 2004 ini digaji sebesar 2,2 juta dolar Singapura per tahun (sekitar Rp 17,6 Miliar).

Pendapatan Lee sendiri sudah dipotong sebesar 36 persen tahun lalu menyusul kritik pedas masyarakat terhadap tingginya pendapatan politikus. Selain itu, jatuhnya perolehan suara Partai Aksi Rakyat di pemilu 2011 juga menjadi faktor pemotongan gaji.

Politikus Singapura dikenal memiliki pendapatan yang sangat tinggi. Pemerintah beralasan gaji selangit yang bahkan lebih besar dari politisi Amerika itu dibutuhkan untuk mencegah terjadinya korupsi, selain untuk menarik minat talenta-talenta yang ada untuk terjun ke dunia politik.

Lee unggul jauh dari Kepala Eksekutif Hong Kong, Leung Chun Ying yang berada di urutan kedua. Leung digaji sebesar 642.173 dolar Singapura/tahun. Memimpin negara superpower dengan 314 juta penduduk, Presiden Barack Obama berada di urutan ketiga dengan pendapatan sebesar 500.720 dolar Singapura/tahun. Afrika tidak ketinggalan dengan menempatkan Uhuru Kenyatta di urutan kelima. Presiden Kenya yang baru terpilih beberapa minggu lalu ini digaji sebesar 390.561 dolar Singapura/tahun.

Benua Eropa menempatkan Presiden Irlandia Michael Higgins dan Presiden Prancis Francois Hollande di urutan 4 dan 7. Sementara itu, PM Kanada Stephen Harper berada di urutan ke-6.

Yang menarik adalah gaji bulanan Presiden Prancis bahkan tidak cukup untuk membeli mobil di Singapura. Sedangkan gaji bulanan PM Kanada hanya cukup untuk membayar uang muka apartemen 5 kamar di Singapura.


12.03 | 0 komentar | Read More

Penghuni Lapas Masih Trauma

Aparat kepolisian bersenjata lengkap menjaga gedung LP Sleman. - kompas.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penghuni lapas kelas IIB Cebongan Sleman mengalami trauma pasca-terjadinya penyerangan gerombolan bersenjata yang menewaskan empat orang pelaku penganiayaan seorang anggota Kopassus.

Kepala Lapas kelas IIA Cebongan Sleman, Sukamto saat ditemui di lokasi kejadian mengatakan bahwa para korban sudah diincar karena hanya mereka yang dieksekusi diantara 35 narapidana penghuni sel 5A Blok Anggrek. Penghuni lapas lain tidak disentuh kecuali empat tersangka yang kemudian ditembak mati.

" Aksi mereka termasuk cepat sekitar 20 menit. Selain itu targetnya sudah jelas, karena napi-napi lain yang di sel itu tidak dianiaya," terangnya, Sabtu (23/03/2013)

Sukamto mengungkapkan pasca peristiwa itu para napi yang berada satu sel dengan ke empat korban mengalami trauma. " Siapa yang tidak trauma melihat rentetan senjata api, jelas mereka takut," ujarnya.

Namun demikian pihaknya sudah mengumpulan para napi, memberi pengertian dan penjelasan bahwa peristiwa seperti ini tidak akan terulang lagi. Pihak lapas juga meminta maaf kepada para penghuni lapas.

Lebih lanjut Sukamto memaparkan bahwa di sel 5A blok Anggrek ditemukan sejumlah selongsong dan beberapa peluru yang tidak meledak.

"Tadi ditemukan sekitar 30 selongsong dan beberapa peluru tajam yang tidak meledak," kata Sukamto.

Sementara itu Panglima Kodam IV Diponegoro Mayor Jenderal Hardiono Sarojo saat ditemui setelah jumpa pers menegaskan bahwa penyerangan lapas dilakukan oleh orang-orang yang tidak dikenal.

"Sekarang tugas saya sebagai penanggungjawab di Yogyakarta dan Jateng adalah membantu Polda DIY untuk mengungkap siapa orang-orang yang tidak dikenal yang menyerang lapas," paparnya.

Pangdam menegaskan agar saat ini jangan berspekulasi dan menduga-duga mengenai siapa pelakunya dan apa motifnya, karena masih dalam proses penyelidikan.


12.03 | 0 komentar | Read More

Polisi Vs Warga, 23 Terluka

BANJARMASINPOST.CO.ID - Akibat bentrokan antara warga dan anggota Kepolisian Sektor Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Sabtu (23/3/2013), sebanyak 23 orang terluka, 10 di antaranya luka tertembak. Hingga Sabtu malam, para korban masih dirawat di RSUD Padang Sidimpuan dan satu korban lain dilarikan ke RSUP Adam Malik, Medan.

Informasi yang diperoleh Kompas dari berbagai sumber menunjukkan, kerusuhan dipicu penangkapan polisi terhadap tiga warga Aek Buaton, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Padang Lawas, Sabtu subuh. Mereka adalah M Siregar, Yahya Siregar, dan Roy Siregar.

Ketiganya dituding menjadi otak sejumlah keributan yang terjadi di Aek Nabara Barumun, seperti penganiayaan pada polisi dan pencurian senjata, sehingga mereka dibawa ke Kepolisian Resor (Polres) Tapanuli Selatan. Mendengar ketiganya ditangkap, ratusan orang mendatangi Polsek Barumun Tengah. Mereka menuntut pembebasan ketiga orang tersebut.

Kepala Bidang Dokumentasi Liputan Kepolisian Daerah (Polda) Sumut Ajun Komisaris Besar MP Nainggolan melaporkan, ada sekitar 80 sepeda motor dan 4 truk warga Aek Buaton yang mendatangi Polsek Barumun Tengah. Massa kemudian melempari kantor polisi dengan batu serta menciduk dan menganiaya Kapolsek Barumun Tengah Ajun Komisaris Sahnun Siregar.

Namun, saat hendak membawa Kapolsek dengan sepeda motor, anggota polisi memperingatkan warga dengan melontarkan tembakan peringatan. Warga tetap tak menggubris sehingga peluru pun dilontarkan polisi ke arah warga.

Pemicu penembakan

Anggota DPRD Kabupaten Padang Lawas, Erwin Pane, yang dihubungi dari Medan, mengatakan, saat polisi mulai menembak yang pertama, strategi warga berubah. "Para ibu kemudian ditempatkan di posisi depan, sementara bapak-bapak di belakang. Tak tahu siapa pemicunya, tetapi tiba-tiba ada tembakan dan banyak orang yang terkena," tutur Pane.

Tercatat di antaranya 10 warga terkena tembakan. Ada yang tertembak di dada, perut, punggung, tangan, dan kaki. Korban juga jatuh di kepolisian, yaitu 13 polisi terluka, termasuk Kapolsek Barumun Tengah, Kepala Satuan Serse dan Kriminal Polres Tapanuli Selatan, dan sejumlah perwira polisi lain akibat serangan warga.

Warga yang tertembak adalah Asrian Harahap (31), Kahar Harahap (45), Rustam Nasution (33), Muarasundut (28), Amir Khotip (52), Murni (43), Masdawiyah (46), Asrul Abib (43), Harayan (58), dan Asruk Lubis. Beberapa orang dilaporkan kritis.

Yusuf Nasution, pengacara warga, mengatakan, konflik dipicu kasus tanah ulayat seluas 2.500 hektar di Aek Nabara Barumun yang terjadi sejak 1998. Tanah ulayat itu diduga dikuasai oknum anggota DPRD Padang Lawas. "Kami menuntut pihak kepolisian bertanggung jawab atas kasus penembakan ini," tuturnya.

DPRD Padang Lawas juga akan mempertanyakan bagaimana polisi bisa melontarkan peluru ke warga. "Kami akan meminta penjelasan kepada kepolisian," ujar Pane.

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Sumut Herdensi Adnin mengatakan, konflik tanah adalah persoalan klasik dan akan terus berulang. Seharusnya polisi melihat kasus secara komprehensif. Kontras juga mempertanyakan langkah kepolisian melontarkan peluru kepada warga. Kontras menilai negara alpa melindungi kelompok petani yang rentan terhadap pemodal.


12.03 | 0 komentar | Read More

BlackBerry 10 Lampaui 100.000 Aplikasi

BlackBerry Curve 9320 - BGR India

BANJARMASINPOST.CO.ID - Saat peluncuran platform dan perangkat BlackBerry 10 pada akhir Januari 2012, perusahaan BlackBerry mengumumkan bahwa ada 70.000 aplikasi yang tersedia untuk sistem operasi tersebut.

Kini, beberapa minggu berselang, jumlah aplikasi untuk platform tersebut sudah melonjak jauh. BlackBerry mengklaim, saat ini BlackBerry World sudah menampung 100.000 aplikasi BlackBerry 10.

Ada beberapa aplikasi populer yang telah tersedia untuk BlackBerry 10, antara lain adalah Skype, Evernote, Kindle, WhatsApp, DropBox, hingga layanan jejaring sosial Facebook, Twitter, Foursquare, dan LinkedIn.

BlackBerry juga sudah menyediakan beberapa judul game populer, seperti Angry Birds Star Wars, Where's My Water, Plants vs. Zombies, Fruit Ninja, Cut The Rope, JetPack Joyride, Need for Speed, dan N.O.V.A 3.

"Tanggapan terhadap platform dan aplikasi BlackBerry 10 begitu menarik perhatian. Konsumen terlihat senang dengan ketersediaan aplikasi yang ada, dan katalog aplikasi terus tumbuh, saat ini lebih dari 100.000 aplikasi," kata Martyn Mallick, Vice President, Global Alliances, BlackBerry, seperti dikutip dari BGR, Jumat (22/3/2013).

Sayangnya, tidak semua aplikasi tersebut dibuat khusus untuk platform BlackBerry 10. Menurut pernyataan Mallick, pada awal Februari 2013, ada sekitar 40 persen aplikasi yang merupakan hasil porting dari aplikasi Android.

Sebagai contoh, aplikasi Skype pada BlackBerry 10 sebenarnya merupakan porting dari versi Android. Skype sendiri sudah memiliki aplikasi native untuk iOS, Android, dan Windows Phone, tetapi belum pernah hadir untuk platform BlackBerry.

Selain aplikasi, BlackBerry World juga akan menyediakan konten musik, film, dan serial televisi. BlackBerry telah bermitra dengan perusahaan label musik hingga pemegang hak cipta film untuk menyediakan konten. Dengan ini, BlackBerry World akan bersaing dengan toko konten multimedia iTunes Store dari Apple dan Play Store dari Google.


12.03 | 0 komentar | Read More

Kini Ada Pasar Minggu yang Terapung

0734069-pasar-terapung-620X310.jpg

Pasar Terapung Muara Kuin adalah pasar terapung tradisional yang berada di Sungai Barito di muara Sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.- BARRY KUSUMA

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak tujuh pekan terakhir masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan wisatawan yang berkunjung ke kota ini bisa menikmati pasar terapung yang berada di tengah kota.

Lokasi pasar merapat di siring Sungai Martapura, tepatnya di sisi Jalan Piere Tendean dengan menggunakan perahu jukung, puluhan pedagang yang didominasi kaum perempuan memadati salah satu bagian siring yang berada tepat di seberang Kantor Gubernur Kalsel lama.

Keberadaannya mampu menyedot perhatian ribuan warga yang tengah berjalan-jalan menghabiskan Minggu pagi di kawasan tersebut.

Seperti pasar apung lain yang sudah ada lebih dulu di Banjarmasin dan terkenal, yakni Muara Kuin dan Lokbaintan, maka para pedagang di pasar apung di siring Jalan Piere Tendean ini juga menyajikan aneka barang, seperti buah-buahan, sayuran, dan aneka makanan.

Bahkan ada juga warung makan yang memanfaatkan bangunan rumah lanting yang saat ini jumlahnya makin berkurang. Untuk memeriahkan suasana Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin melengkapi pasar dengan musik dan penyanyi lokal.

Ya, keberadaan pasar apung siring Piere Tendean ini memang digagas oleh Pemkot Banjarmasin dalam upaya melestarikan pasar apung dari kepunahan. Lokasinya dibuat lebih mudah dan sifatnya mendekati pembeli.

"Konsepnya, kami berusaha membangun image menjadi pasar Minggu yang khusus terapung. Tujuannya sebagai salah satu bentuk pelestarian pasar apung," ujar Mujiyat Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Pemkot Banjarmasin, Minggu (23/3/2013).

Mengapa dibuat mingguan, menurut Mujiyat agar pasar yang ada di Muara Kuin dan Lokbaintan tetep hidup. Karena pedagang yang jualan di tempat ini juga berasal dari pasar-pasar apung lain, termasuk kedua pasar apung di atas. Bahkan nantinya ada rencana yang berjualan di tempat ini dilakukan bergiliran.


12.03 | 0 komentar | Read More

Kampus UM Palangkaraya Tahun Ini Dibangun

Written By wartini cantika on Sabtu, 23 Maret 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.C0.ID, PALANGKARAYA - Ketua Wilayah Muhammadiyah Kalteng H Achmad Syar,I, mengatakan, tahun ini akan dimulai pembangunan kampus II Univeritas Muhammadiyah Palangkaraya pada lahan seluas 20 hektare di Jalan Mahir Mahar, Palangkaraya.

"Ini sudah menjadi komitmen kami, tahun ni kami akan memulai pembangunan kampus II UM Palangkaraya. Lahan sudah tidak menjadi masalah, karena lahan seluas 20 hektare itu sudah berupa sertifikat atas nama Muhammadiyah, sehingga pembangunan dilakukan pada tahun ini tidak akan menjadi masalah," katanya, Sabtu (23/3).

Menurut Mantan Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangkaraya ini, pembangunan kampus II UMP itu merupakan swadana sehingga pembangunanya dilakukan secara bertahap.

"Dana pembangunan kampus diambil dari sumbangan pembangunan mahasiswa baru yang mendaftar di UMP," katanya.


12.03 | 0 komentar | Read More

ZonA Optimistis Lolos Penetapan Calon oleh KPU

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pasangan bakal balon Wali Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Zohn Herry Ringkin dan Aprie Husien Rahu (ZonA) optimistis tetap akan lolos semua seleksi dalam pentahapan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Palangkaraya mendatang.

Saat ditemui, Sabtu (23/3/2013) Zohn yang juga mantan anggota KPU Kota Palangkaraya ini, mengatakan, meskipun banyak orang yang sempat meyangsikannya akan lolos tetapi dia bersama pasangannya tetap optismistis akan lolos maju lewat jalur independen.

"Memang banyak orang bilang, saya ini maju tidak bermodal, hanya bermodal dukungan KTP.Itupun masih juga diragukan, bisa mengumpulkan dukungan hingga 15.000 lebih dukungan KTP, tapi buktinnya, saya bisa lolos tes kesehatan, dan ada satu pasang calon yang tidak bisa ikut, karena alasan KPU kurang dukungan parpol," katanya.


12.03 | 0 komentar | Read More

LP Cebongan Sleman Diserbu, Empat Tewas

BANJARMASINPOST.CO.ID - Lembaga Pemasyarakatan Cebongan di Sleman, DI Yogyakarta, diserbu sekelompok orang pada hari Sabtu (23/3/2013) pukul 01.00 dini hari tadi. Empat orang dilaporkan tewas.

Informasi dari Polda Daerah Istimewa Yogyakarta Sabtu pagi ini menyebutkan, LP Cebongan didatangi tiga truk bermuatan sekitar 15 orang bersenjata lengkap dan menggunakan tutup kepala serta pelindung tubuh. Mereka memaksa masuk LP, tetapi dilarang oleh penjaga LP.

Kelompok bertopeng ini kemudian melempar granat dan melukai penjaga LP, lalu mencari pelaku pengeroyokan anggota TNI di Hugos Cafe, Yogyakarta. Kelompok bersenjata ini pun menembak mati empat pelaku pengeroyokan terhadap anggota TNI di Hugos Cafe.

Setelah melakukan aksinya, kelompok ini langsung kabur meninggalkan LP.


12.03 | 0 komentar | Read More

Lapas Sleman Dijaga Ketat

BANJARMASINPOST.CO.ID, YOGYAKARTA - Puluhan anggota kepolisian bersenjata lengkap dari satuan Sabhara Polres Sleman dan Brimob Polda Yogyakarta, sejak Sabtu pagi ini (23/3/2013) menjaga ketat Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Cebongan, Sleman. Penjagaan dilakukan pascapenyerangan grombolan bersenjata Sabtu dini hari.

Grombolan bersenjata yang diperkirakan berjumlah lebih dari 17 orang dengan penutup muka dan senjata lengkap masuk ke areal lapas dengan melompati pagar gedung setinggi sekitar satu meter. Mereka kemudian memaksa penjaga untuk menunjukan lokasi empat pelaku penganiayaan di Hugos Cafe. Usai menemukan targetnya, grombolan tersebut lantas menembak para pelaku di dalam sel tahanan.

Ke empat tersangka yang tewas yakni Hendrik Angel Sahetapi alias Deki (31), Yohanes Juan (38), Gameliel Yermianto Rohi Riwu alias Adi (29), dan Adrianus Candra Galaja alias Dedi (33).

Kepala Polda DIY, Brigjen Sabar Rahardjo saat ditemui di lokasi mengatakan korban merupakan pelaku kasus penganiayaan di Hugos Cafe yang menyebabkan meninggalnya anggota TNI AD Kesatuan Kopassus Kandang Menjangan, Kartosuro, Solo, Sersan Satu Santoso.

"Ya ke empatnya merupakan pelaku penganiayaan di Hugos cafe. Saya sempat meminta keterangan petugas jaga, memang yang masuk ada 17, namun ada beberapa yang ada di luar lapas," terang Sabar.

Sampai berita ini diturunkan, puluhan polisi dengan bersenjata lengkap dan pakaian preman masih tampak berjaga di lokasi kejadian penyerangan.


12.03 | 0 komentar | Read More

Menhuk dan HAM Langsung ke Sleman

menteri-hukum-dan-ham.jpg

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Amir Syamsuddin(KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia langsung berkoordinasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian RI dalam menangani insiden penyerangan di Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (23/3/2013) sekitar pukul 01.30 WIB. Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin meluncur ke lokasi di Yogyakarta pagi tadi

"Kami sepakat untuk berkoordinasi serat dengan pihak TNI dan Polri melalui Panglima TNI, KSAD, dan Kapolri agar eskalasinya segera terkendali," kata Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, melalui pesan singkat yang diterima wartawan, Sabtu.

Penyerangan ini berawal saat sekelompok orang bersenjata dan bertopeng memaksa masuk ke dalam lapas melalui pintu portir dengan menodongkan senjata. Kelompok orang tak dikenal itu mencari kamar empat tahanan kasus penganiayaan yang menewaskan anggota TNI AD Kesatuan Kopassus Kandang Menjangan, Kartosuro, Solo, Sersan Satu Santoso.

Setelah menemukan kamar empat tahanan pelaku penganiayaan itu, mereka langsung menembak empat tahanan tersebut hingga tewas. Aksi mereka pun melukai sedikitnya delapan petugas keamanan dan merusak CCTV di lapas. Menurut informasi dari Humas Ditjen Pemasyarakatan, petugas yang luka di antaranya Widiatmana dengan pangkat III/a yang mengalami luka di dagu, serta Supratikno, pangkat II/c yang mengalami luka di mata kanan.


12.03 | 0 komentar | Read More

Mengenang Jejak Prestasi Ricky Jo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Presenter kondang Ricky Johannes, yang akrab disapa Ricky Jo, meninggal dunia di rumah sakit MMC Jakarta karena serangan jantung, Jumat (22/3/2013).

Dari akun LinkedIn-nya yang ber-username Ricky Jo, dia adalah pemilik Jo & d'Factory yang beralamat di Mampang, Jakarta Selatan, sejak November 2010.

Ricky lahir di Jakarta pada 25 September 1967. Selain terkenal sebagai pembawa acara olahraga di televisi, Ricky adalah juga penyanyi dan vokalis band jazz Emerald yang didirikan pada 1986.

Ricky belajar teknik vokal dari N Simanungkalit dan pernah bergabung dengan Mahameru.

Dia pernah menjadi juara 2 Pop Singer DKI 1980, juara 1 dan penampilan terbaik Bintang Radio/TV DKI Remaja 1983, serta juara 3 dan penampilan terbaik Bintang Radio/TV Nasional 1983.

Sejak Januari 2013, Ricky menjabat Wakil Ketua Badan Futsal Nasional (BFN).

Mulai Februari 2001, penggemar fanatik Liverpool dan timnas Belanda ini menjadi presenter olahraga sepak bola untuk stasiun televisi RCTI.

Pencinta berat sepak bola ini sempat menulis twit yang berisi kekhawatirannya pada dunia olahraga nasional, kemungkinan tentang sepak bola Indonesia pada 21 Maret lalu.

Hari itu dia men-twit, "Miris liat di sana-sini ribut merasa semua benar.. sudah tidak ada santunnya sebagai bangsa yang berbudaya dan bermartabat #indonesiaku".

Pelatih timnas U-23, Aji Santoso, menyebut kepergian Ricky Johannes sebagai kehilangan bagi dunia olahraga Indonesia karena mendiang adalah presenter yang peduli pada perkembangan sepak bola nasional.

"Saya juga kaget mendengar kabar meninggalnya almarhum, tentu saya dan juga dunia sepak bola merasakan kehilangan atas kepergian Ricky. Dia salah satu presenter yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan sepak bola nasional," kata Aji di Jakarta, Jumat.


12.03 | 0 komentar | Read More

Jelang Pemilukada Polisi Makin Rajin Latihan

Written By wartini cantika on Jumat, 22 Maret 2013 | 12.03

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Aparat kepolisian Polresta Palangkaraya dan Polda Kalteng, terutama pasukan anti huru-hara makin rajin latihan menjelang pelaksanaan Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangkaraya, yang akan digelar 5 Juni 2013.

Kapolresta Palangkaraya, AKBP Hendra Rochmawan, Jumat (23/3) mengatakan, pasukan yang mereka siapkan sesuai prosedur tetap dalam pelaksanaan pemilukada mencapai 2/3 kekuatan pasukan yang ada di Polresta.

"Itu masih kurang sehingga kami minta bantuan dari satuan lainnya terutama dari Polres jajaran dan Polda Kalteng, karena jumlah personel dalam pengamanan Pilwalkot mendatang mencapai 540 orang," katanya.

Dikatakan, jumlah pasukan yang disiapkan oleh aparat kepolisian tersebut tidak termasuk anggota TNI dan aparat keamanan lainnya yang membeck-up pelaksanaan Pemilu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangkaraya.

"Pasukan TNI hanya membeck-up jika dalam Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota mendatang terjadi eskalasi kerawanan yang meningkat, sehingga diperlukan adanya bantuan tambahan pasukan dari TNI untuk membantu Polri dalam pengamanan tersebut," katanya.


12.03 | 0 komentar | Read More

TNI-Polri Senam Bareng di Mako Brimob

20130322_100142_resized.JPG

Para tentara dan polisi berjoget bersama ramai-ramai pada acara senam bersama di Makosat Brimob Polda Kalsel.- Nurholis H/BPost

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Keharmonisan TNI Polri terwujud. Mereka mesra,  dalam acara senam bersama di lapangan Makosat Brimob Polda Kalsel, di Banjarbaru, Jumat (22/3/2013) pagi.

Kapolda Kalsel Brigjend Pol Drs Taufik Anshorie, dengan  jajarannya  serta Danrem 101 Antasari, Kol Infanteri M Herindra MA, dan jajarannya membaur di acara itu.

Apalagi, setelah senam mereka dipersatukan dengan berjoget bersama. "Ini acara kita semua. Tak boleh ada yang memisahkan kita. Hidup TNI-Polri," ujar Kololel Infanteri M Herindra MA yang turut menyumbangkan lagu.


12.03 | 1 komentar | Read More

Novianto Dilantik Lagi

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA  - Pelantikan pejabat Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalteng, Jumat (22/3/2013), kembali terjadi. Pejabat yang dilantik pun masih sama seperti beberapa bulan lalu, yakni Iskandar Novianto.

Pelantikan itu dilakukan bukan karena pengulangan. Melainkan Novianto sendiri naik eselon sehingga perlu kembali dilakukan pengambilan sumpah jabatan yang diembannya dari eselon IIIA ke IIA.

Gubernur Agustin Teras Narang, pada pelantilan itu menyatakan salah saru indikator perbaikan pengelolaan keuangan adalah opini penilaian BPK menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ditargetkan Pemprov Kalteng.

Kepada BPKP sebagai salah satu lembaga auditor, diharapkan dapat melakukan pembinaan sehingga terjadi peningkatan tata kelola keuangan dan pelayanan yang baik.


12.03 | 0 komentar | Read More

Pengusaha Pelayaran Siap Hadapi Serbuan Asing

pelabuhan.jpg

Ilustrasi pelabuhan.(net)

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ketua Umum Dewan Perwakilan Pusat Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (APBMI), Bambang K Rachwadi mengatakan pengusaha pelayaran nasional dan perusahaan bongkar muat harus siap menghadapi tantangan yang lebih berat terutama menghadapi masuknya pengusaha asing.

Menurut Bambang di Banjarmasin, Kamis, para pemodal asing mulai masuk ke Indonesia, dan siap bersaing dengan pengusaha pelayaran nasional maupun perusahaan bongkar muat, sehingga tenaga kerja bongkar muat (TKBM) dan Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (APBMI) harus berubah.

Pengusaha dalam negeri kata dia, seharusnya menjadi tuan di rumah sendiri, dengan jalan  menjunjung profesionalisme dan meningkatkan sumber daya manusia, sehingga memiliki nilai kompetensi.

Ketua Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan, JF Gultom  mengatakan, Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (APBMI) dan TKBM sepakat bersama-sama mengatasi masalah yang ada di lapangan.

Koperasi TKBM berkomitmen menjalin kemitraan dengan Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia, untuk menyikapi masalah dan tantangan dunia usaha ke depan yang lebih berat.

Menurut Gultom pada Sosialisasi Surat Keputusan Bersama 2 Dirjen 1 Deputi tentang Pembinaan dan Penataan Kopreasi TKBM di Pelabuhan yang dilaksanakan DPW APBI Kalselteng bersama mitra terkait, pihaknya akan terus meningkatkan kemampuan buruh di pelabuhan.

Hanya, tambah Gultom, para pengusaha juga harus berani menempatkan para tenaga kerja atau buruh pelabuhan sebagai mitra, karena kesuksesan yang mereka peroleh tidak lepas dari andil tenaga kerja.

Menurut dia, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas buruh antara lain para buruh wajib mampu membaca dan menulis, sehingga tidak mudah untuk dikelabui oleh pihak lain.

Selain itu, para buruh harus memiliki ketrampilan lebih, terutama pengetahun teknologi bongkar muat, yang kini terus berkembang.

"Melalui koperasi buruh bongkar muat, kita juga terus meningkatkan kesejahteraan mereka,"katanya.

Antara lain, memberikan tali asih bagi buruh yang tidak lagi bekerja karena usianya yang sudah tidak memungkinkan.

"Pemberian tali asih tersebut sudah dilaksakan di TKBM Tanjung Priok sebesar Rp20 juta, sebagai modal usaha ketika sudah tidak mampu lagi menjadi anggota TKBM," katanya.      

SKB tentang Pembinaan dan Penataan TKBM di pelabuhan ditandatangani Direktur jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Deputi Kelembagaan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Negara Koperasi dan UKM.

Penandatanganan SKB ini bertujuan guna meningkatkan produktivitas kerja dan kesejahteraan tenaga kerja bongkar muat.

SKB itu merupakan wahana untuk melakukan perubahan dalam pembinaan dan penataan Koperasi TKBM, karena tenaga kerja bongkar muat merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan produktivitas di pelabuhan.

Selain itu, SKB juga merupakan salah satu Program Prioritas Nasional yang dipantau perkembangan pelaksanaannya oleh Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).


12.03 | 0 komentar | Read More

Zulkarnaen Masih Terima Gaji Rp 60 Juta Per Bulan

Tersangka dugaan korupsi proyek pengadaan Al Quran di Kementerian Agama senilai Rp 35 miliar, Zulkarnaen Djabar (kanan depan) seusai memberikan keterangan kepada wartawan terkait kasus yang membelitnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/7/2012) lalu. - KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA -  Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Alquran Zulkarnaen Djabar ternyata masih menerima gaji pokok serta tunjangan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Jumlahnya berkisar Rp 60 juta per bulan.

Zulkarnaen, anggota DPR asal Fraksi Golkar ini, masih tetap menerima gaji karena belum diberhentikan dari keanggotaannya sebagai wakil rakyat. Hal ini diakui Anggota Badan Kehormatan DPR Ali Maschan Musa saat dihubungi, Kamis (21/3/2013) malam.

"Pak Zul memang sampai saat ini masih mendapatkan gaji pokok termasuk tunjangan-tunjangan sekitar Rp 60 juta," ujar Ali.

Saat ini, lanjut Ali, BK sudah melakukan rapat pleno terkait status keanggotaan Zulkarnaen. Pleno yang digelar pada 20 Maret 2013 memutuskan bahwa Zulkarnaen akan diberhentikan sementara hingga ada keputusan tetap. Namun, menurutnya, proses pemberhentian sementara ini masih terkendala proses administrasi.

"Kami masih menunggu surat dari KPK terkait status hukum yang bersangkutan. Kalau sudah ada, bisa kita langsung berhentikan sementara. Mungkin pekan depan," ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Zulkarnaen Djabar dan putranya Dendy Prasetya sebagai tersangka atas kasus dugaan menerima suap terkait proyek pengadaan Al Quran di Kementerian Agama pada bulan September 2012 silam. Sejak itu, Zulkarnaen ditahan di rutan KPK dan tidak aktif lagi menjalani kegiatannya sebagai anggota dewan. Pada bulan Januari, proses persidangan Zulkarnaen dan Dendy pun berjalan. Mereka didakwa dengan hukuman penjara 20 tahun.

Terima suap

Surat dakwaan Zulkarnaen dan Dendy menyebutkan,ia selaku anggota DPR 2009-2014, baik secara sendiri maupun bersama-sama dengan Dendy dan Fahd El Fouz (Fahd A Rafiq), menerima uang Rp 14,9 miliar dari Abdul Kadir Alaydrus selaku pihak swasta. Uang itu diberikan kepada Zulkarnaen karena selaku anggota Banggar DPR, dia menyetujui anggaran di Kementerian Agama dan mengupayakan tiga perusahaan memenangi tender proyek di Kemenag. Ketiga perusahaan itu adalah PT Batu Karya Mas sebagai pemenang tender proyek pengadaan laboratorium komputer Kemenag 2011, PT Adhi Aksara Abadi sebagai pemenang tender pengadaan Al Quran 2011, dan PT Sinergi Pustaka Indonesia sebagai pemenang lelang proyek Al Quran tahun anggaran 2012.

Dalam pelaksanaannya, menurut dakwaan, Zulkarnaen meminta Fahd dan Dendy menjadi perantara pihak Kemenag dengan swasta. Selain itu, menurut dakwaa, Fahd pernah membuat catatan pembagian fee dari tiga proyek Kemenag tersebut. Tertulis di catatan itu, ada fee untuk PBS (Priyo Budi Santoso).


12.03 | 0 komentar | Read More

Enam Pasangan Cawalkot Diperiksa Kesehatannya

Pilwalkot Palangkaraya

Zohn_Hery-_Cawali_Palangkaraya_saat_mengikuti_Tes_Kesehatan_di_Doris_Sylvanus_Palangkaraya.jpg

Zohn Herry Ringkin ketika melakukan pemeriksaan kesehatannya.- Faturahman/BPost

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Sebanyak enam pasangan calon Wali Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (22/3) mengikuti tes kesehatan di rumah sakit Doris Sylvanus Jalan Tambun Bungai Palangkaraya.

Keeanam Pasangan calon tersebut, antara lain pasangan Riban Satia- Mofit Saptono Subagio (Rimo), Tuty Dau - H Maryono (Damar), Zohn Herry Ringkin - Apri Husin Rahu (ZonA), Faridawaty Darland Atjeh dan H Sodikul Mubin (Fady), Pasangan Edison- Hadyansyah (Edisyah) Pasangan Sudadi- Ida Bagus supriyatna (Dadi-Bagus)

Ketua KPU Kota Palangkaraya, Sastriadi mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan bakal calon wali kota Palangkaraya tersebut, merupakan salah satu persyaratan untuk pasangan calon lolos untuk menjadi peserta Pemilu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangkaraya yang akan di gelar, 5 Juni 2013 mendatang.


12.03 | 0 komentar | Read More

Bawang Mulai Turun, Cabai Melonjak

Written By wartini cantika on Kamis, 21 Maret 2013 | 12.03

Penjual bawang merah sedang memilih bawang di pasar 16 Ilir Palembang, Selasa (12/3/2013). Harga bawang merah terus meroket dalam 3 hari terakhir kenaikan harga bawang ini mencapai harga Rp 45 ribu, kenaikan harga ini disebabkan karena kurangnya pasokan (TRIBUNSUMSEL/M.A.FAJRI) - tribunnews.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Harga bawang merah dan bawang putih mulai turun sekalipun dilaporkan masih tetap tinggi di sejumlah daerah. Adapun harga sejumlah komoditas hortikultura lainnya, seperti cabai dan tomat, dilaporkan naik di sejumlah daerah.

Hasil pemantauan Kompas di Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Jatinegara, dan Pasar Mayestik, Jakarta, Rabu (20/3/2013), menunjukkan, harga cabai rawit merah dan tomat naik. Harga cabai rawit merah yang biasanya Rp 25.000 kini Rp 50.000 per kilogram.

Di Pasar Induk Kramat Jati, harga cabai rawit merah mencapai Rp 40.000-Rp 45.000 per kg. Di Pasar Jatinegara, cabai rawit merah dijual Rp 40.000- Rp 50.000 per kg. Di Pasar Mayestik, cabai rawit merah dijual Rp 50.000-Rp 60.000 dari harga sebelumnya Rp 25.000- Rp 35.000 per kg.

Harga tomat di Pasar Induk Kramat Jati Rp 6.500-Rp 8.000 per kg. Di Pasar Jatinegara dan Pasar Mayestik, tomat dijual Rp 14.000-Rp 16.000 per kg, naik dari sebelumnya Rp 10.000- Rp 13.000 per kg.

Di Solo, Jawa Tengah, menurut pedagang di Pasar Legi, Ngatmi (32), harga cabai rawit merah sejak dua hari lalu naik dari Rp 35.000 menjadi Rp 40.000 per kg. Sementara harga cabai rawit hijau, cabai rawit merah besar, dan cabai merah keriting stabil. Harga beberapa jenis sayur produksi lokal, seperti wortel, kubis, kentang, labu siam, dan buncis, juga relatif stabil.

Di Pasar Pagi Tegal, Jateng, kemarin, harga cabai rawit merah naik dari Rp 40.000 menjadi Rp 45.000 per kg. Pantauan Kompas juga menemukan, harga tomat naik dari Rp 10.000 menjadi Rp 12.000 per kg. Harga sejumlah produk hortikultura pun naik, seperti buncis dari Rp 6.000 menjadi Rp 8.000 per kg, kubis dari Rp 3.000 menjadi Rp 6.000 per kg, dan kembang kol dari Rp 10.000 jadi Rp 15.000 per kg.

Para pedagang menduga, tingginya harga sayuran disebabkan pengaruh cuaca yang berdampak pada berkurangnya panen sehingga stok sayuran berkurang. Uripah (36), pedagang di Pasar Pagi, mengatakan, tingginya harga sayuran menyulitkan pedagang memasarkan dagangannya.

Sementara itu, harga bawang mulai turun, tetapi masih relatif tinggi. Harga jual bawang merah impor di Pasar Induk Kramat Jati Rp 30.000-Rp 36.000 dan bawang merah asal Brebes Rp 40.000-Rp 45.000 per kg. Adapun harga bawang merah asal Brebes di Pasar Jatinegara Rp 40.000-Rp 60.000, dan di Pasar Mayestik Rp 45.000-Rp 50.000 per kg.

Harga bawang di Pasar Induk Kramat Jati naik Rp 1.000-Rp 7.000 per kg. Menurut pedagang bawang di Pasar Induk Kramat Jati, Maja dan Abraham Nababan, harga yang masih tinggi disebabkan sedikitnya tonase bawang yang masuk ke pasar induk. "Hari ini tonase yang masuk cuma sedikit," kata Abraham.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, dalam acara rapat koordinasi gubernur se-Sumatera dan Banten, Rabu, di Bandar Lampung, sempat menyinggung soal kenaikan komoditas bawang beberapa waktu terakhir ini.

"Harga bawang putih memberikan inflasi 0,12 persen. Itu mengakibatkan tekanan pada daya beli. Mari kita ikut menekan inflasi dan menjaga momentum pertumbuhan," ujarnya.

Di sela-sela acara itu, Hatta mengatakan, persoalan mengenai kenaikan harga bawang sudah diatasi dengan melepaskan bawang impor yang tertahan di Tanjung Perak.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tanjung Perak Ircham Habib, di Surabaya, Rabu, mengatakan, sebanyak 332 kontainer berisi bawang putih impor yang tertahan sejak Januari ternyata belum dapat dikeluarkan. Dokumen untuk mengeluarkan ratusan kontainer itu belum lengkap dan berstatus barang tidak dikuasai.


12.03 | 0 komentar | Read More

Gaston Bawa Guru Spritual untuk Jupe

Artis Julia Perez dihibur oleh kekasihnya Gaston Castano dan tim pengacaranya, seusai mengikuti persidangan dengan agenda vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (11/10/2011). Julia divonis bersalah dengan hukuman 3 bulan dan masa percobaan 6 bulan atas kasus penganiayaan terhadap Dewi Persik, dalam proses pengambilan gambar adegan pada sebuah film tahun lalu. - TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA

BANJARMASINPOST.CO.ID - Julia Perez atau akrab disapa Jupe, akan mengalami hari-hari sulit pada awal dirinya mendekam di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.
Apalagi, keadaan di dalam rutan berbeda dengan saat dirinya masih menghirup udaran bebas dan beraktifitas sebagai selebritis.

Sang kekasih, Gaston Castano, pun menyertakan seorang guru spititual saat menjenguk Jupe di rutan pada Rabu (20/3/2013).

Menurut Gaston, hal ini dilakukan untuk memberikan tambahan kekuatan mental bagi Jupe.

Guru spiritual yang dipanggil Habib Sholeh Al Muqdor itu mengaku, akan memberikan siraman rohani dan doa kepada Jupe. "Saya hanya akan memberikan spirit dan wirid-wiridan," kata Sholeh.

Menurut Sholeh, saat ini Jupe sedang terkena musibah sekaligus ujian hidup. Ia yakin Jupe mampu melewati musibah itu dan bangkit setelah keluar dari tahanan.

"Yang namanya musibah siapapun bisa kena musibah seperti fitnah. Setiap hidup ada ujian, dan ini ujian untuk Jupe," tuturnya.

Julia Perez ditangkap tim kejaksaan di tempat persembunyiannya, Cibubur, Jaktim, pada Senin (18/3) malam. Pihak kejaksaan melakukan eksekusi penahanan secara paksa setelah dia mangkir dari tiga kali panggilan eksekusi.

Padahal, pemilik nama asli Yuli Rachmawati itu sudah dinyatakan bersalah atas kasus pertengkarannya dengan Dewi Persikk dan divonis tiga bulan kurungan. Kini, ia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan menjadi penghuni Rutan Pondok Bambu bersama tahanan dan napi lainnya.


12.03 | 0 komentar | Read More

Hari Bakti Rimbawan di Markas SPORC

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 30 Kalteng, menjadi momen tersendiri bagi Satuan Polhut Reaksi Cepat (SPORC). Itu karena sejak diresmikan 2008, baru kali ini didaulat sebagai pelaksana upacara.

Upacara peringatan hari bakti yang jatuh pada Kamis (21/3) itu langsung dipimpin Gubernur Agustin Teras Narang sebagai inspektur. Namun peserta tidak hanya dari Polisi Hutan, pegawai Dinas Kehutanan, maupun Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), melainkan juga dari unsur TNI, Polri, dan Satpol Pamong Praja.

"Bangsa indonesia wajib mensyukuri sumber daya alam yang melimpah untuk dimanfaatkan dan diperlihara untuk masa kini maupun yang akan datang," ujar Menhut dalam amanat yang dibacakan pada upacara tersebut.

Para Rimbawan melalui berbagai perannya, dinyatakan juga telah memberikan baktinya di mana pun berada. Namun itu masih harus ditingkatkan. Ini seiring tema kegiatan Memperkokoh Jiwa Korsa Rimbawan dalam Mewujudkan Pelayanan Prima.


12.03 | 0 komentar | Read More

Kalla Group Bangun Monorel di Sulsel

BANJARMASINPOST.CO.ID - Setelah akuisisi Jakarta Monorail tidak terealisasi, Kalla Group mengincar proyek monorel milik pemerintah daerah di Sulawesi. Melalui anak usahanya yakni PT Bumi Sarana Beton, Kalla Group tengah melakukan studi kelayakan alias feasibility studies atas proyek monorel di Sulawesi Selatan.

Fatimah Kalla, Direktur Utama Kalla Group mengatakan, panjang jalur monorel di Sulawesi ini sekitar 27,8 kilometer (km). "Hasil studi diperkirakan selesai Juni 2013 ini," ujarnya kepada KONTAN beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, proyek yang nilainya ditaksir mencapai Rp 3 triliun ini sudah bisa bergulir mulai 2014 mendatang.

Menurut Fatima, pihaknya bisa saja menjalin mitra dengan pihak lain untuk menggarap proyek tersebut. Namun, ia belum tahu siapa calon mitra dan mekanisme bisnis yang akan terjalin. Ia akan menunggu pembukaan lelang proyek dari pemerintah daerah setempat terlebih dahulu.

Selain di Sulawesi, sebut Fatimah, pihaknya juga telah melakukan pembicaraan awal dengan sejumlah pemerintah daerah lainnya. "Bandung dan Surabaya juga katanya tertarik untuk bikin monorel, dan kami sudah berbicara mengenai hal ini," tuturnya.

Namun, hal itu sifatnya masih prematur. Sehingga, saat ini pihaknya akan fokus dulu terhadap studi kelayakan proyek monorel yang di Sulawesi.

Terkait proyek monorel Jakarta, Kalla Group mengaku tidak maju ataupun mundur dari proses akuisisi saham Jakarta Monorail (JM). Pasalnya, grup perusahaan milik mantan Wakil Presiden M. Jusuf Kallla ini tidak pernah secara resmi menyatakan bersedia mengakuisisi saham JM.

"Ketika itu kami ditawari, dan kami bilang akan lakukan feasibility studies," jelas Fatimah.

Namun, ketika pihaknya meminta data sebagai bahan valuasi, manajemen Jakarta Monorail enggan memberikannya. Fatimah tidak tahu apa alasan pihak JM. Yang jelas, sebagai pelaku bisnis, ia tidak bisa sembarangan mengeksekusi suatu proyek tanpa tahu nilai kelayakan proyek bersangkutan terlebih dahulu. Oleh karena itu,lanjut Fatimah, Kalla Group tidak pernah menyatakan siap bergabung sebagai investor di dalam proyek tersebut. Jadi, "Kami tidak maju dan tidak mundur," tegasnya.


12.03 | 0 komentar | Read More

Iklan Rumah Judi Ejek Fernando Torres, Chelsea Marah

Salah-satu-ekspresi-penyerang-Chelsea-Fernando-Torres.jpg

Salah satu ekspresi penyerang Chelsea, Fernando Torres, pada laga Premier League melawan Aston Villa, Sabtu (31/12/2011).(AFP)

BANJARMASINPOST.CO.ID - Manajemen Chelsea mencak-mencak. Mereka tak terima striker utamanya, Fernando Torres jadi bahan olok-olok reklame iklan rumah judi Paddy Power. The Blues akhirnya berhasil meyakinkan dewan kota untuk meminta iklan tersebut diturunkan.

Tak tanggung-tanggung, rumah judi tersebut memasang sebuah reklame iklan di sebuah gedung sebelah Stamford Bridge. Iklan tersebut berisi slogan yang meledek Torres: 'Fernando - kami punya seplastik bawang yang Anda benar-benar dapat temukan. Itu di van tempat membuat burger. Dapatkan rambut bersih anda."

Iklan itu, secara umum, mengejek Torres yang sampai musim ini belum mencetak satu gol pun untuk Chelsea di ajang Premier League. Tak terima dengan iklan tersebut Chelsea melapor ke dewan Hammersmith dan Fulham yang akhirnya meminta iklan tersebut diturunkan.

Banyak pihak yang menilai performa Torres sejauh ini sangat jauh dari harapan dan tak pantas dengan bandrol 50 juta pound yang dikeluarkan Chelsea saat membelinya dari Liverpool pada Januari 2011.

Torres terakhir mencetak gol ke gawang Steaua Bucharest di ajang Europa League setelah sebelumnya gagal mencetak gol lewat titik penalti di Stamford Bridge. Total, tahun ini penyerang asal Spanyol ini hanya mencetak dua gol, yang keduanya dicetak di ajang FA melawan tim-tim yang gurem

Buruknya performa Torres juga telah membuatnya terlempar dari skuat Spanyol yang akan turun di Kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Finlandia dan Prancis pada akhir Maret ini. (Tribunnews/den)


12.03 | 0 komentar | Read More
techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger